Komunitas 1000 Kebun, Wadah Para Pencinta Organik

Hidup sehat dimulai dengan menjaga kualitas bahan makanan kita. Jika sayur dan buah tidak terjamin kualitasnya, sudah tentu bakal mengantarkan kita pada berbagai jenis penyakit. Nah, sebisa mungkin sebaiknya kita mengonsumsi makanan sehat dengan sedikit bahkan tidak mengandung bahan kimia alias organik.

Komunitas 1000 Kebun, Wadah Para Pencinta Organik

 

Inibaru.id - Hidup sehat dimulai dengan menjaga kualitas bahan makanan kita. Jika sayur dan buah tidak terjamin kualitasnya, sudah tentu bakal mengantarkan kita pada berbagai jenis penyakit. Nah, sebisa mungkin sebaiknya kita mengonsumsi makanan sehat dengan sedikit bahkan tidak mengandung bahan kimia alias organik.

Sadar akan pentingnya kelestarian dan kesehatan lingkungan gaya hidup yang sehat, sekelompok orang asal Bandung membentuk sebuah komunitas bernama 1000 Kebun. Ini adalah komunitas orang yang mencintai kegiatan berkebun organik. Artinya, sayur dan buah yang mereka tanam tidak mengandung pestisida dan zat kimia berbahaya.

Raden Galih Raditya, ketua sekaligus penggagas komunitas ini awalnya berinisiatif memanfaatkan lahan kosong yang ada di dekat tempat tinggalnya untuk bercocok tanam. Tanah yang tak subur kala itu tidak menjadikan ia berputus asa. Dengan memberi pupuk, tanah yang berubah menjadi gembur tersebut bisa ditanami sayuran seperti pokcoy, bayam, selada dan terong.

“Dari kegiatan tersebut, kemudian berhasil panen. Orang-orang di sini kemudian mulai bertanya. Akhirnya, kegiatan ini mulai menular ke tetangga-tetangga. Mereka mulai menanam sendiri di halaman rumahnya,” ceritanya.

Ya, karena ketertarikan yang sama, Galih dan teman-temannya kini terus menghidupkan komunitas dan memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar. Seperti yang tertulis dalah laman resminya www.1000kebun.com, komunitas ini mempunyai visi dan misi yang jelas.

Sosialisasi Gaya Hidup Sehat

Visi dari komunitas yang terbentuk pada 2015 ini adalah meningkatkan kualitas kesehatan manusia dan lingkungan hidup. Sedangkan misinya adalah memanfaatkan lahan tidak produktif di sekitar masyarakat menjadi edible garden. Selain itu, 1000 Kebun juga aktif mensosialisasikan gaya hidup sehat melalui workshop dan media sosial. Mengadakan Pasar Sehat 1000 Kebun juga menjadi salah satu aktivitas komunitas ini demi memudahkan akses masyarakat kepada produk sehat dan ramah lingkungan. 

Dari segi ekonomi, komunitas ini juga mempunyai tujuan membantu mensejahterakan masyarakat dengan banyak cara. Pertama, membantu masyarakat mendapatkan makanan sehat dengan harga terjangkau. Kedua, membantu masyarakat untuk mengolah limbah organik maupun non-organik menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomi.

Karena visi misinya yang mulia tersebut, komunitas ini mempunyai banyak anggota tak hanya mereka yang tinggal di pedesaan tapi juga perkotaan. Ya, lahan biasanya menjadi masalah tersendiri bagi kaum urban untuk berkebun. Tapi, tidak jika kita bergabung dengan komunitas ini. Jika Anda tergabung ke dalam grup Facebook komunitas ini, maka ada banyak ilmu berkebun untuk menyiasati lahan sempit di wilayah perkotaan. (GIL/IB)

Di media sosial itu, mereka juga membagi rencana kegiatan serta kegiatan rutin 1000 Kebun. Jika Anda ingin melihat langsung kegiatan mereka, mampir saja ke Perumahan Arcamanik Endah Perluasan, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. 

Tags :