Google Maps Berikan Info Tambahan bagi Pengguna Kursi Roda

Gadget atau gawai, berikut aplikasi yang menyertainya, saat ini tak hanya dituntut untuk menjadi lebih pintar, akan tetapi juga lebih ramah terhadap para penyandang disabilitas.

Google Maps Berikan Info Tambahan bagi Pengguna Kursi Roda Perlihatkan Gambar
Fitur baru Google Maps menambah rincian akses ke tempat tertentu dan fitur pencarian pengguna kursi roda atau mereka yang butuh lift.(foto:GoogleMaps)

Inibaru.id - Gadget atau gawai, berikut aplikasi yang menyertainya, saat ini tak hanya dituntut untuk menjadi lebih pintar, akan tetapi juga lebih ramah terhadap para penyandang disabilitas.

Berbagai fitur pun diciptakan, mulai dari fitur terjemahan suara dari sentuhan di layar ponsel hingga berbagai aplikasi yang akan semakin mengandaskan disparitas antara pengguna normal dengan yang berkebutuhan khusus.

Google Maps, yang memiliki puluhan juta pengguna di seluruh dunia dan sudah menjadi aplikasi navigasi utama perangkat ponsel pintar, mencoba memperkenalkan fitur barunya, yakni menambah rincian akses ke suatu tempat tertentu dan fitur pencarian bagi pengguna kursi roda atau mereka yang membutuhkan lift untuk mencapai daerah tertentu.

Pengguna bisa memberikan informasi dengan membuka Google Maps untuk Android, memilih menu Your Contribution, lalu mencari menu Uncover Missing Info, kemudian mengetuk tombol Accesibility saat berada di tempat yang menyediakan akses untuk pengguna kursi roda, lift, maupun kursi khusus untuk penyandang disabilitas.

Tujuan dari penambahan fitur ini, pertama adalah menyediakan semua informasi mengenai berbagai akses khusus seperti kursi roda, elevator, dan kursi khusus bagi pengguna Google Maps yang menyandang disabilitas.

Situs teknologi Phone Arena menyebutkan, untuk saat ini, informasi yang telah tersedia di Google Maps, yang pertama, adalah akses yang memungkinkan untuk ditempuh menggunakan kursi roda. Pertimbangan dari informasi ini adalah dengan memperhitungkan lebar jalur dan ketiadaan rintangan yang akan menyulitkan pengguna kursi roda.

Kedua, lift untuk kursi roda. Penyandang disabilitas tentu akan kesulitan manakala ia harus naik le lantai dua dan seterusnya atau menggunakan tangga berundak tanpa menggunakan bantuan lift. Nah, Google Maps menyediakan informasi tersebut sehingga pengguna bisa memperkirakan di mana ia bisa menemukan lift untuk membantunya.

Ketiga, tempat duduk bagi pengguna kursi roda. Hal ini penting bagi mereka, lantaran tak semua penyandang disabilitas menginginkan untuk terus meminta bantuan orang lain. Sebagian dari mereka adalah sosok mandiri yang berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri. Keberadaan informasi tersebut sudah barang tentu akan berguna bagi mereka.

Keempat, informasi tentang fasilitas parkir yang dapat diakses pengguna kursi roda. Bersamaan dengan perkembangan kendaraan yang mulai kompetibel bagi para penyandang disabilitas, keberadaan lahan parkir yang ramah bagi mereka juga mulai dibangun di berbagai sudut kota.

Namun, terkadang lahan tersebut tidak disertai dengan penanda atau petunjuk menuju akses tersebut. Maka, Google Maps hadir memberikan informasi tersebut.

Diharapkan, dengan adanya informasi tentang fasilitas parkir bagi orang-orang berkebutuhan khusus tersebut, berkendara akan menjadi lebih nyaman bagi mereka. (OS/IB)

Tags :