4 Ikon Wisata Paling ‘Instagramable’ Sepanjang 2017

Berwisata, berlibur dan refreshing untuk sekedar relaksasi tubuh menjadi sebuah kebutuhan tiap individu dalam menghilangkan penat dari berbagai rutinitas keseharian.

4 Ikon Wisata Paling ‘Instagramable’ Sepanjang 2017
Simbol 'love' di pantai Bondo Jepara. (foto: Instagram)

Inibaru.id - Berwisata, berlibur dan refreshing untuk sekedar relaksasi tubuh menjadi sebuah kebutuhan tiap individu dalam menghilangkan penat dari berbagai rutinitas keseharian. Namun di era kekinian saat ini, pemaknaan refreshing dan berlibur nampaknya telah mengalami sedikit pergerseran makna. Pasalnya, refresing yang dulunya sebagai cara untuk mengusir penat atau relaksasi diri kini justru dijadikan sebagai ajang pamer foto di akun media sosial. Bahkan saat ini disebut-sebut foto merupakan puncak dari tiap kegiatan. Sehingga kebanyakan dari mereka akan mencari dan memilih tempat-tempat wisata yang instagramable.

Nah, melihat fenomena tersebut, para pengembang tempat pariwisata, baik dari instansi pemerintah (dinas) maupun inisiatif personal akhirnya berlomba mendesain tempat semenarik mungkin. Tak ayal mereka juga membuat desain yang ikonik untuk tempat wisata tertentu. Ikon-ikon yang “instagramable” tersebut yang kemudian menarik pengunjung untuk datang dan menjadikan set background foto mereka.

Berikut inibaru.id merangkum beberapa ikon hits dan instagramable  masa kini yang paling banyak di jumpai di tempat wisata  di daerah Jawa tengah.

1. Simbol “Love”

Lambang dan tulisan “Love” atau hati ini menjadi ikon paling banyak dijumpai dalam berbagai tempat wisata. Simbol love atau hati sendiri merupakan simbol yang sejak lama digunakan untuk menunjukkan spiritualitas, emosi, moral. Bahkan dimasa lalu simbol hati ini juga memiliki makna pusat kecerdasan manusia. Simbol hati juga seringkali dimaknai oleh kebanyakan orang sebagai simbol dari kasih sayang dan cinta kasih.

Banyaknya pngunjung tempat wisata yang mayoritas muda mudi membuat simbol tanda kasih sayang ini begitu diminati. Bahkan hampir setiap tempat wisata di daerah-daerah khususnya jawa tengah memakai ikon ini sebagai photospot pengunjung. Misalnya tempat wisata Petung Kriyono Pekalongan, Gardu Pandang Jehan Jepara, Pantai Bondo Jepara, Embung Kletek Pati, Pantai Karangjahe Rembang, Sendang Coyo Lasem, Karimunjawa, wisata Lebak Wangi Tegal, Pantai Sawangan Kebumen dan masih mabyak tempat lain yang menggunakan lambing hati ini.

Bahan dan bentuk simbol love yang di buat diberbagai tempat itupun berbeda. Ada yang menggunakan bahan dasar bunga, bambu, kayu, kertas bahkan kawat besi.

2. Ayunan

Ikon kedua setelah simbol love adalah ayunan. Ayunan sebenarnya sudah sejak lama jadi ikon dibeberapa tempat wisata di Indonesia. Namun, beberapa waktu terakhir ini nampaknya ayunan menjadi trend baru ikon sebuah tempat wisata. Karena kebeadaan ayunan tersebut dikreasikan menjadi lebih unik. Jenis ayunanpun berbeda, ada yang masih menggunakan ayunan besi ada pula yang menggunakan jenis hammock.

Beberapa tempat wisata Jawa Tengah yang menggunakan ayunan sebagai ikon diantaranya Watu Ireng Pekalongan, Pantai Karangjahe Rembang, Gunung Kajar Lasem, Hutan Rimba Belantara Salatiga, Hutan Pinus Kragilan Salatiga, Kalibaya Park Brebes, Pulau Pasir Putih Pandansari dan masih banyak yang lainnya.

3. Payung

Ikon hits berikutnya adalah payung. Payung yang dipasang berjajar dengan jumlah yang tidak sedikit menjadi photospot berikutnya yang diminati banyak pengunjung. Sehingga tak ayal jika banyak tempat wisata yang mengembangkan kreasinya dengan menggunakan bahan satu ini.

Tempat wisata di Jawa Tengah dengan ikon paying ini antara lain wisata Tirto Arum Kendal, Selo Arjuno dan Blingo Kendal, Wisata Alam Seroja Kendal, Sikembang Pekalongan, Klorofil Basecamp Pekalongan, Pinus kragilan salatiga dan lain sebagainya.

4. Grafity

Grafity juga nampaknya menjadi ikon wisata yang banyak diminati pengunjung. Namun sayangnya keberadaan ikon ini tidak banyak yang terdapat di alam bebas. Sasaran pengenbangan ikon ini banyak didaerah kota yang terdiri dari rentetan bangunan. Tempat wisata yang menggunakan ikon ini seperti Jembatan Sumurup Tuntang Salatiga, Kampung Pelangi Semarang, Kota Lama Semarang, Wisata Bejalen Rawa Pening Ambarawa dan masih banyak lagi tempat wisata yag lainnya.

Demikian adalah beberapa ikon popoler yang banyak diminati oleh pengunjung dan menjadi photospot yang instagramable sepanjang dua tahun terakhir ini. Silahkan menambah stok foto dengan ikon kesukaanmu. (NA/IB)

Tags :