Harga Bawang Terus Menurun, Cabai Cenderung Stabil

Berdasarkan pemantauan langsung di pasaran, berbagai harga komoditas pangan terpantau cenderung stabil dan tidak mengalami perubahan berarti jika dibandingan dengan harga pada pekan lalu. Salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama di Jakarta Selatan, Hadi Sukarto menyebutkan bahwa harga bawang merah bahkan semakin menurun dari yang awalnya Rp 48 ribu setiap kilogram pada pekan lalu, kini hanya Rp 40 ribu saja

Harga Bawang Terus Menurun, Cabai Cenderung Stabil

Inibaru.id - Berdasarkan pemantauan langsung di pasaran, berbagai harga komoditas pangan terpantau cenderung stabil dan tidak mengalami perubahan berarti jika dibandingan dengan harga pada pekan lalu. Salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama di Jakarta Selatan, Hadi Sukarto menyebutkan bahwa harga bawang merah bahkan semakin menurun dari yang awalnya Rp 48 ribu setiap kilogram pada pekan lalu, kini hanya Rp 40 ribu saja.

Penurunan harga bawang ini disebabkan oleh pasokan bawang yang cukup banyak pada Pasar Induk Kramat Jati.Hadi Sukarto menyebutkan bahwa penurunan harga bawang merah ini terjadi secara bertahap, dari yang awalnya Rp 48 ribu lalu turun menjadi Rp 45 ribu, kemudian, barulah pada hari Jumat 7 Juli 2017 kemarin, harga bawang merah jatuh hingga ke angka Rp 40 ribu untuk setiap kilogramnya.

Harga yang berbeda justru ditemukan di Pasar Induk dimana setiap kilogram bawang merah diketahui hanya dijual Rp 32 ribu per kilogramnya.

Sukarto juga menuturkan bahwa harga cabai keritingmerah dan cabai rawit merah cenderung masih stabil dalam sepekan terakhir, yakni Rp 30 ribu per kilogram untuk cabai keriting merah dan Rp 45 ribu per kilogram untuk cabai rawit merah.

Harga ini bahkan masih cenderung sama jika dibandingkan dengan saat bulan puasa atau Lebaran kemarin. Sukarto bahkan menyebutkan bahwa tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana banyak harga komoditas pangan yang meroket saat Lebaran, harga cabai justru sama sekali tidak ada yang mencapai Rp 60 ribu per kilogramnya. Hal yang sama terjadi pada harga bawang putih yang masih bertahan di angka Rp 50 ribu per kilogramnya.

Sementara itu, berbagai harga komoditas pangan lain yang kerap digunakan oleh masyarakat sebagai makanan sehari-hari seperti mentimun, kol, wortel, tomat, serta daun bawang juga cenderung masih stabil seperti pada pekan-pekan sebelumnya. Harga kol dan timun masih bertahan pada angka Rp 12 ribu per kilogram.

Sedangkan tomat juga masih dijual pada angka Rp 10 ribu untuk setiap kilogram. Harga wortel dan daun bawang sendiri masih di angka yang cenderung sama dengan harga pekan lalu, yakni Rp 14 ribu per kilogram untuk wortel dan Rp 18 ribu per kilogram untuk daun bawang. (AS/IB)

 

Tags :