Disney Tsum Tsum Jadi Gim Paling Digandrungi Dunia

TAK sedikit aplikasi permainan atau gim yang beredar di ponsel pintar kita terinspirasi dari hal-hal kecil atau sesuatu yang tak pernah dibayangkan banyak orang sebelumnya.

Disney Tsum Tsum Jadi Gim Paling Digandrungi Dunia

Inibaru.id - TAK sedikit aplikasi permainan atau gim yang beredar di ponsel pintar kita terinspirasi dari hal-hal kecil atau sesuatu yang tak pernah dibayangkan banyak orang sebelumnya.

Publik dunia pernah dihebohkan oleh gim sederhana Angry Bird, si burung pemarah yang dilempar dengan ketapel guna menghancurkan istana para babi. Gamer mobile phone juga pernah disibukkan dengan permainan unik monster lucu lewat gim Pokemon Go. Kini, Disney Tsum Tsum hadir sebagai permainan sederhana tapi begitu digandrungi hampir semua orang di seantero jagat.

Disney Tsum Tsum adalah aplikasi gim yang memadukan permainan puzzle dengan memanfaatkan karakter imut nan menggemaskan dari tokoh-tokoh kartun Disney. Akhir-akhir ini, gim tersebut meledak di pasaran dan menjadi aplikasi terlaris di seluruh dunia.

Tiada yang menyangka permainan yang semula "hanya" terinspirasi dari boneka-boneka di toko resmi marchendise karakter Disney di Jepang ini bakal begitu terkenal.

Foto: Boneka Disney Tsum Tsum yang tersusun di Disney Store (grid.id/disney)

Dirilis kali pertama pada 2014 di Jepang, gim Tsum Tsum menjadi aplikasi paling masyur di Jepang baru-baru ini. Tak hanya di Jepang, gim yang tersedia di iOS dan Android tersebut juga populer di AS, Taiwan, Hongkong, dan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

LINE yang menjadi pengembang gim puzzle karakter Disney tersebut merilis, gim ini telah diunduh lebih dari 70 juta pengguna di seluruh dunia, dengan total penjualan hingga mencapai USD 1 miliar secara menyeluruh.

Data dari LINE menyebutkan, sejak launching perdana pada 2014 silam, aplikasi ini telah dimainkan sekurangnya 165,4 miliar kali di seluruh dunia. Tak kurang dari 61,8 triliun karakter Tsum Tsum juga telah "dihabiskan" dalam permainan yang mengasah sinkronisasi syaraf motorik dan sensorik manusia tersebut.

Pada layar ponsel 4,7 inchi, satu karakter Tsum Tsum rata-rata berukuran 7 milimeter. Hal ini berarti jika 61,8 triliun karakter tsum tersebut dijajarkan secara horizontal akan membentang sejauh 432 miliar kilometer. Jarak itu kurang lebih setara dengan perjalanan dari Bumi ke Mars dan kembali lagi. Wah!

Dalam perkembangannya, Disney Tsum Tsum membawa sederet karakter ikonik Disney, Pixar, Marvel, hingga Star Wars. Sejumlah karakter spesial seperti Buzz Lightyear dan Darth Vader juga dihadirkan, bersanding dengan tokoh klasik macam Mickey Mouse dan Princess

Hingga saat ini, gadis miskin pemilik sepatu kaca Cinderella masih menjadi karakter paling populer dalam gim Disney Tsum Tsum, disusul si buruk rupa Beast dari film kartun "Beauty and the Beast". Sementara penyihir Maleficent Dragon dari kartun “Sleeping Beauty” menempati posisi ketiga.

Saat ini, selain dihadirkan dalam gim yang bisa diunduh langsung via App Store dan PlayStore, karakter lucu Tsum Tsum juga bisa dinikmati dalam bentuk serial animasi yang bisa ditonton daring atau melalui kanal resmi Disney Channel.

Tags :