Wisata Air, Masih Jadi Raja Destinasi Libur Lebaran 2017

Lebaran seringkali dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak famili yang lain. Cara memanfaatkan kebersamaan itupun berbeda-beda. Ada yang mengisi waktu liburan tersebut dengan bermain di wahana permainan, camping di dataran tinggi, menonton film di bioskop, belanja di pusat perbelanjaan atau bahkan hanya dirumah saja. Hal tersebut mengingat kecenderungan dan hobi tiap orang yang beragam pula.

Wisata Air, Masih Jadi Raja Destinasi Libur Lebaran 2017

Inibaru.id - Lebaran seringkali dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak famili yang lain. Cara memanfaatkan kebersamaan itupun berbeda-beda. Ada yang mengisi waktu liburan tersebut dengan bermain di wahana permainan, camping di dataran tinggi, menonton film di bioskop, belanja di pusat perbelanjaan atau bahkan hanya dirumah saja. Hal tersebut mengingat kecenderungan dan hobi tiap orang yang beragam pula.

Namun demikian, nampaknya wahana wisata air masih merajai destinasi leburan warga yang ingin mengahabiskan waktu liburan bersama keluarga. Hal ini dapat dilihat dengan ramainya pengunjung wisata air seperti pantai, water blaster dan sebagainya disepanjang liburan lebaran 1438 H kali ini.

Misalnya kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Terpantau selama sepekan setelah lebaran yakni sejak Minggu (25/6) hingga Minggu (2/7) telah dikunjungi sebanyak 735.000 orang dari berbagai wilayah di ibukota. Tentu angka tersebut merupakan angka yang fantastis.

Berdasarkan informasi dari Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol menyebutkan jika periode libur Idul Fitri pada 2017 ini mengalami peningkatan hingga 10 persen dibanding pada tahun sebelumnya.

Masih seputar wahana wisata air di libur lebaran Idul Fitri 2017, kawasan Gunung Kidul juga menjadi tempat wisata yang banyak diserbu pengunjung. Dengan kekayaan objek wisata yang dimiliki seperti air terjun, Goa dan jajaran pantai disepanjang garis laut pantai selatan yang mengagumkan menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung yang ingin relaksasi sebelum kembali kerutinitas.

Sehingga berdasarkan pantauan dari Dinas Pariwisata Gunung Kidul sepekan setelah liburan total kunjungan diperkirakan mencapai 370.000 wisatawan. Hal tersebut dibenarkan oleh Hary Sukmono Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul yang menyebutkan hingga Sabtu (1/7) tercatat sebanyak 345.908 wisatawan yang telah masuk ke kawasan tersebut.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata air lain yang banyak diserbu warga terutama diberbagai daerah, namun aangka yang di capai tak sefantastis kedua kawasan wisata seperti Tampan Impian Jaya Ancol dan Kawasan Wisata Gunung Kidul.

Selain pesona dan keindahan yang menjadi daya tarik para wisatawan, biaya merupakan salah satu pertimbangan lain yang tak kalah penting. Hal ini yang menjadi alasan wahana-wahana tersebut ramai diserbu pengunjung. Pasalnya meskipun tengah moment liburan, pihak pengelola tetap memberlakukan harga standar seperti hari-hari biasa. (NA)

Tags :