5 Musikus Berikut Rilis Album Religi di Ramadan 2017

Saat lebaran tiba, musik-musik bernafaskan islami merdu mengalun dan makin akrab di telinga. Para musikus Tanah Air ramai menelurkan album bertema religi yang diluncurkan jelang bulan suci. Saat ini, mencetak album ataupun single religi di bulan Ramadan tak lagi jadi hal luar biasa bagi sejumlah label musik.

5 Musikus Berikut Rilis Album Religi di Ramadan 2017

Inibaru.id - Saat lebaran tiba, musik-musik bernafaskan islami merdu mengalun dan makin akrab di telinga. Para musikus Tanah Air ramai menelurkan album bertema religi yang diluncurkan jelang bulan suci. Saat ini, mencetak album ataupun single religi di bulan Ramadan tak lagi jadi hal luar biasa bagi sejumlah label musik.

Tren lagu religi memang sudah berlangsung lama. Tren tersebut diawali sejak era Bimbo, Raihan, Haddad Alwi, dan hingga kini musik religi telah mengalami evolusi mengikuti perubahan zaman.

Tak sedikit dari musikus yang mengungkapkan ekspresi mereka melalui lagu-lagu religi. Lirik dan lantunan nada yang mendamaikan disuguhkan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan kebaikan.

Selama lebih dari dua dekade pasar musik jelang Ramadan dibanjiri oleh lagu religi. Bahkan pasar yang menggiurkan itu juga diisi oleh band atau penyanyi solo pop yang terbiasa mencetak karya lagu mainstream.

Banyak karya menarik tersaji di bulan Ramadan kali ini. Siapa saja musikus Tanah Air yang merilis musik religi di tahun 2017? Simak ulasannya berikut.

Fatin Shidqia

Setelah pada tahun-tahun sebelumnya mengeluarkan single religi, kali ini Fatin kembali mencoba peruntungan di pasar tersebut. Single kelima Fatin mulai dirilis ke publik beberapa hari sebelum bulan suci.

Tak main-main, produser yang menaungi Fatin Sony Music Entertainment Indonesia  memilih Tohpati sebagai aranger single religi berjudul "Ketika Tangan dan Kaki Berkata", hit lawas mendiang Chrisye yang liriknya ditulis oleh penyair Taufik Ismail.

Sebelumnya Fatin sempat merilis single religi "KekasihMu" dan "Cahaya di Langit Itu", empat tahun lalu. Dan lagu religi  "Oh Tuhan" dan "Proud of You Moslem", pada 2014.

Fadly Padi

Tampaknya Fadly Padi tak bisa lepas dari stereotipe sebagai penyanyi lagu religi. Setelah membawakan tembang Maher Zain, "Inshaallah" dalam versi bahasa Indonesia, tahun ini pemilik nema lengkap Andi Fadly Arifuddin digandeng DNA Production merilis dua lagu religi.

Kedua lagu tersebut berjudul "Selimut Putih" dan "Menunggu PanggilanMu". Lagu religi Faldy Padi terangkum dalam album Religi Terbaik, yang juga memuat lagu religi Maher Zain dan lain-lainnya. 

Gigi Band

Gigi kembali menunjukkan konsistensi dalam menelurkan karya bergenre religi. Tak heran jika band kawakan tersebut dikenal sebagai salah satu band yang sukses menelurkan lagu religi hit. Yap, sembilan kali Ramadan meluncurkan album religi jelas bukan prestasi main-main buat Gigi.

Album religi kesembilan Gigi berjudul ”Setia Bersama Menyayangi dan Mencintai”, diluncurkan dua pekan sebelum Ramadan tahun ini. Ada delapan lagu di album ini, seperti: "Sifat 20", "Beribadah Yok", "Gerbang CintaMu', dan "Munafik".

Istimewanya, album Gigi Band menjadi ajang reuni bagi mantan personel band yang sudah hengkang, Armand menggandeng kembali mantan personel Gigi Band : Aria Baron (gitar), Ronald Fristianto (drum), Budhy Haryono (drum), dan Opet Alatas (gitar) dalam lagu "Setia Bersama Menyayangi dan Mencintai".

Ayu Ting Ting

Dikenal sebagai penyanyi dangdut, rupanya tak membuat Ayu Ting Ting ragu untuk menjajal pasar yang berbeda dengan menelurkan single bergenre religi. Spesial pada ramadan tahun ini, penyanyi  kelahiran 20 Juni 1992 itu mengeluarkan lagu religi berjudul "Yuk Puasa". Penyanyi dangdut asal Depok itu rupanya sudah lama sekali ingin merilis lagu religi.

Uniknya, untuk mempromosikan lagu religu perdananya ini, videoklip yang menggunakan keluarganya sendiri sebagai modelnya diunggah di akun Instagramnya.  

Sandhy Sondoro

Pada Ramadan tahun ini, Sandhy Sondoro merilis lagu religi bertajuk "Lillahi Ta'aala". Penyanyi yang lama berkarier di Jerman itu rupanya ingin juga mencicipi pasar lagu religi di Tanah Air.

Dalam lirik lagu yang dibuat Sandy berharap bisa mengajak masyarakat untuk saling mempererat tali silaturahmi antar sesama umat manusia. Seperti dituturkan Sandy, proses pembuatan lagunya tersebut terbilang cukup cepat. Ia mengaku mendapat inspirasi lagunya juga hanya beberapa jam saat duduk santai di pagi hari. (IP)

Tags :