Identifikasi Dini! Ini 10 Tanda Kamu Salah Pilih Masuk Jurusan

inilah tanda kalau kamu salah masuk jurusan

Identifikasi Dini! Ini 10 Tanda Kamu Salah Pilih Masuk Jurusan
Bingung masuk jurusan (Foto : testq.com)
620
View
Komentar

inibaru.id - Bagi kebanyakan orang, memilih jurusan yang tepat menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena memilih jurusan yang tepat menurutnya dapat membantu mereka dalam memudahkan karier hidup dikemudian hari. Bahkan  ada yang beranggapan memilih jurusan sama dengan memilih nasib di masa depan karena keputusan tersebut bukan hanya untuk sehari, namun untuk seterusnya.

Lalu bagaimana jika pilihan jurusan tersebut ternyata salah dan baru disadari di tengah jalan, maka besar kemungkinan seseorang dapat kehilangan semangat untuk menyelesaikan kuliah hingga akhir dan menyebabkan kuliah tersebut menjadi terganggu.

Untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan terburuk yang terjadi dikemudian hari, maka diperlukan identifikasi dini dalam melihat tanda-tanda kesalahan pemilihan jurusan tersebut agar seseorang dapat lebih cepat mengambil tindakan.

Nah berikut ini merupakan 10 tanda seseorang salah pilih masuk jurusan.

1. Rasa malas untuk berangkat kuliah

Bangun pagi untuk berangkat ke kampus merupakan salah satu hal yang paling menyiksa bagi seseorang yang salah memilih jurusan. Bahkan rasanya enggan untuk berangkat karena tidak ada semangat untuk menerima pelajaran. Jika level ini sudah kronis, maka hal tersebut akan mendorong untuk seseorang hanya akan menitipkan absen kepada teman mereka.

2. Selalu menunda mengerjakan tugas

Karena sering tidak berangkat, menjadikan seseorang akan ketinggalan materi perkuliahan. Sehingga menyebabkan orang tersebut menunda tugasnya tersebut. Bahkan pada tahap akhir, karena tugasnya telah terkumpul banyak, biasanya ia justru akan meminta bantuan jawaban kepada teman perkuliahan.

3. Datang ke kampus hanya untuk bertemu teman

Seseorang yang dianggap salah memilih jurusan biasanya akan lebih bersemangat datang ke kampus dengan urusan lain, bukan masalah perkuliahan. Misal bertemu teman dan lain sebagainya.

4. Selalu memikirkan untuk segera pindah jurusan.

Nah, seorang yang salah memilih jurusan juga akan selalu berpikir untuk pindah ke jurusan lain. Karena ia merasa tidak ada kenyamanan dalam proses perkuliahan yang ia jalani.

5. Susah konsentrasi saat di kelas

Ketidaknyaman seseorang dalam menerima materi perkuliahan akan menjadikan orang tersebut sulit untuk berkonsentrasi ketika di dalam kelas. Biasanya mereka akan cenderung diam dengan pikiran kosong, terkesan memperhatikan padahal pikiran berada di luar atau bahkan asik bermain sendiri. Selain itu, karena tidak bisa berkonsentrasi seseorang di dalam kelas, orang tersebut justru akan meilih untuk tidur di dalam kelas.

6. Nilai semakin turun dan IPK semakin anjlok.

Sering absen, tidak mengerjakan tugas, kurang memahami materi akibat susah konsentrasi menjadikan nilai dan IPK mereka yang salah pilih cenderung semakin anjlok.

7. Disorientasi kerja dengan jurusan yang dipilih

Pada umumnya seseorang yang tengah mendalami suatu kelimuan tertentu mereka akan bisa membayangkan pekerjaan impian apa yang akan mereka pilih. Namun, berbeda halnya bagi mereka yang merasa salah memilih jurusan justru akan cenderung bingung dan tidak bisa membayangkan pekerjaan apa yang tepat nanti.

8. Selalu bingung ketika ada pertanyaan "Kenapa milih jurusan ini?"

Nah, perlu diperhatikan ketika ditanya “Kenapa milih jurusan ini?” tapi tidak bisa menjawab. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena orang tersebut dipaksa memilih jurusan itu atau justru malah benar-benar ia tak memiliki alasan untuk memilih jurusan tersebut. Hal itu bisa menjadi identifikasi bahwa orang tersebut salah memilih jurusan.

9. Cita-cita pekerjaan justru tidak berkaitan dengan jurusan

Hal ini terlihat jika dalam proses perkuliahan berlangsung seseorang tersebut justru menekuni bidang-bidang yang tidak ada hubungannya dengan jurusannya.

10. Tidak tertarik membahas jurusan sendiri.

Karena tidak ada chemistry dengan kuliah, mereka merasa sulit memahami apa yang disampaikan dosen saat kuliah. Baginya materi kuliah yang disampaikan dosen adalah sesuatu yang sangat absurd, sehingga perlu secepatnya dihilangkan dari dalam kepala setelah keluar dari ruang kelas. Merasa muak dan tidak ingin lagi membicarakan tentang jurusannya tersebut.

Nah, kalau kalian hanya merasakan dua sampai lima hal di atas, hal itu barangkali hanya tanda-tanda bosan saja. Namun jika intensitasnya cukup sering akan kesepuluh hal di atas. Sesegera mungkin kalian memikirkan kembali mengenai jurusan yang telah kalian pilih. (NA)

Tags :