Bertualang Menyusuri Wisata Alam Kebun Teh Medini, yuk!

Hamparan kebun teh yang terbentang luas akan menyambutmu di Kebun Teh Medini. Di sana kamu juga bisa bertualang ala Sherina seperti di film "Petualangan Sherina", lo!

Bertualang Menyusuri Wisata Alam Kebun Teh Medini, yuk!
Pemandangan Kebun Teh Medini. (Brobali)

Inibaru.id – Bicara tentang kebun teh, otak serasa pengin bernostalgia dengan film-film lawas seperti Heart (2006) atau Petualangan Sherina (2000). Yap, sejuknya udara dan hijaunya hamparan daun teh begitu menyihir hati kita. Siapa yang nggak mau berada di tempat seperti itu?

Nggak cuma baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa, foto berlatar kebun teh yang instagenik juga baik untuk eksistensi kita di media sosial! Ha-ha. Nah, buat kamu yang tinggal di Semarang dan sekitarnya, Kebun Teh Medini mungkin bisa menjadi pilihanmu.

Berlokasi di Kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah, atau tepat di sisi utara Gunung Ungaran, Kebun Teh Medini juga menyajikan kesejukan maksimal. Yap, dengan luas sekitar 386 hektare, kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 2.050 mdpl itu termasuk lokawisata alam yang komplet.

Di sana, sejauh mana pun mata memandang, kamu bakal menjumpai hamparan pohon teh. Meski butuh perjuangan ke sana, karena jalannya yang berkelok-kelok, kamu bakal terhibur karena suasana pedesaan di sana begitu menenangkan. ini cocok untukmu yang pengin menepi dari hiruk-pikuk perkotaan dan menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari.

Seorang pengunjung berfoto di tengah tanaman teh. (Instagram/@ariekristiana_)

Ketika berkunjung ke Kebun Teh Medini, nggak jarang kamu bakal menjumpai para pendaki yang tengah melintas. Kebun Teh Medini memang menjadi salah satu lokasi lintasan para pelancong menuju Gunung Ungaran. Setelah melewati Kebun Teh Medini, mereka biasanya akan beristirahat di sebuah barak yang dikenal dengan nama Promasan.

Di sekitar Kebun Teh Medini, terdapat pula pertirtaan kuno. Nggak jauh dari pertirtaan itu, ada puing-puing reruntuhan candi Ringga, Arca, Ratna, dan Jaladwara, yang dulunya merupakan candi-candi peninggalan agama Hindu kuno.

Curug Lawe Medini. (awansanblog.wordpress)

Kalau pengin menjelajah lebih jauh lagi, kamu bisa berjalan kaki ke Curug Lawe Medini. Rute menuju grojogan alami itu cukup mudah dilalui karena jalan di sana relatif datar. Selain itu, lokasinya pun nggak terlalu jauh dari taman yang biasa digunakan sebagai tempat berkemah atau lahan parkir. Di sana, kamu bakal disambut keindahan air terjun dari tiga sumber mata air dengan ketinggian yang beragam.

Dari Kota Semarang, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 48-50 kilometer. atau sekitar satu jam. Mengambil arah ke Kecamatan Mijen, teruslah menuju ke Kecamatan Cangkiran. Dari Kecamatan Cangkiran, lurus terus hingga sampai ke Taman Rejo. Di sana, kamu sudah mulai memasuki kawasan Medini. Cukup jauh, ya.

Gimana, tertarik menyaksikan keindahan Kebun Teh Medini? Sebelum masuk, bayar tiket dulu ya. Murah kok, Rp 3.000 saja. Murah meriah dan bikin hati senang, kan? He-he. (IB07/E03)