Yuk, Jadi Traveler Keren dengan Melakukan Hal-Hal Ini!

Yuk, Jadi Traveler Keren dengan Melakukan Hal-Hal Ini!
Menjadi traveler berarti juga menjadi penyelamat lingkungan (n-tv.de)

Menjelajahi tempat baru adalah salah satu kegiatan yang paling digemari anak muda sekarang. Tetapi, sudahkah kamu tahu apa saja yang sebaiknya kamu lakukan di tempat baru tersebut?

Inibaru.id – Saat mengunjungi suatu tempat wisata, kamu mungkin pernah melihat beberapa fasilitas yang rusak lantaran tangan jahil pengunjung. Tindakan nggak bertanggung jawab ini acap bikin gemas dan kecewa. Tempat yang seharusnya kita jaga, kok, dirusak? Duh, kamu jangan ikut-ikutan, ya, Millens!

Cobalah menjadi traveler keren dengan nggak melakukan hal tersebut. Nggak sulit, kok. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan! Apa saja?

  1. Menghargai Kehidupan Liar

Foto-foto boleh, tapi jangan ganggu kehidupan liar mereka. (theplanetd.com)

Pernahkah kamu melihat bunga yang cantik atau mendengar burung dengan kicauan yang merdu? Jika iya, jangan buru-buru memetik bunga itu atau memburu si burung ya. Menuruti keinginan sesaat memang menyenangkan, tapi itu nggak bikin kamu belajar menjaga lingkungan sekaligus menghargai kehidupan liar.

Daripada memetik bunga cantik tersebut kemudian melihatnya layu, bukankah lebih menyenangkan melihat mereka tumbuh dan tetap bisa kita lihat terus-menerus? Dengan menghargai kehidupan liar, berarti kamu juga ikut melestarikan alam.

  1. Membawa Kembali Semua yang Kamu Bawa

https://newsdeeply.imgix.net/20170801090039/Florida-Daily-Life.jpg

Jangan lupa membawa sampah yang kamu buat (newsdeeply.com)

Saat berkunjung ke suatu tempat, kadang kamu meninggalkan sisa sampah di sana, semisal bungkus makanan. Rasanya nggak enak banget dilihat. Nah, lebih dari itu, sampah-sampah tersebut juga buruk untuk lingkungan. Kamu bisa meninggalkan jejak kaki, tapi bukan sampah. Ingat-ingat itu, ya!

Jangan jadi traveler alay yang buang sampah sembarangan, apalagi sampai memberi makan hewan-hewan liar dengan sampah plastik atau botol minuman kayak yang pernah terjadi belum lama ini.

  1. Hormati Budaya Lokal

https://trekroute.com/wp-content/uploads/2015/08/tourists-with-locals.jpg

Pendatang harus menghormati penduduk dan budaya lokal. (trekroute.com)

Setiap daerah memiliki budaya masing-masing yang perlu dihormati masyarakat lokal maupun pendatang. Sebagai pendatang, kamu perlu menunjukkan rasa hormatmu ini pada tuan rumah dengan nggak melanggar aturan di sana. Kamu bisa dianggap melecehkan budaya setempat kalau nggak menghormatinya.

Jadi, jangan mempermalukan dirimu sendiri dengan kelakuan-kelakuan yang nggak terpuji, ya, Millens! (IB15/E03)