Dari Wisata Religi hingga Wisata Alam, Semua ada di Kudus

Kabupaten Kudus punya objek wisata yang banyak mulai dari wisata religi hingga wisata alam. Berikut sejumlah objek wisata di Kudus.

Dari Wisata Religi hingga Wisata Alam, Semua ada di Kudus
Wisata lengkap di Kudus. (Instagram/@sekitarkudus)

Inibaru.id – Kalau berbicara tentang Kudus, mungkin kamu bakal teringat jenang dan soto kerbaunya yang khas. Padahal, nggak cuma kulinernya saja yang menggoda lo, Millens. Objek-objek wisata religi hingga wisata alam yang ada di Kota Kretek ini juga patut untuk dikunjungi.

Kabupaten kecil yang berada di sisi utara Jawa Tengah ini punya banyak objek wisata yang menarik. Ada wisata religi, wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner. Kudus juga punya Gunung Muria dan Puncak 29 yang biasanya jadi jujukan para pendaki.

Kendati begitu, hanya satu hal yang nggak dipunyai Kudus yakni wisata pantai. Ya, meskipun termasuk di daerah Pantai Utara Jawa (Pantura), Kudus nggak punya pantai. He-he.

Nah, Inibaru.id punya rangkuman destinasi wisata yang dapat kamu temui di Kudus. Yuk, simak!

Wisata Sejarah dan Budaya

Joglo Pencu. (Eapriliantara.wordpress.com)

Setiap daerah pasti punya kebudayaan masing-masing, begitu juga dengan Kabupaten Kudus. Terdapat rumah adat Kudus yang bernama Joglo Pencu. Rumah adat merupakan akulturasi budaya dari Jawa, Persia, Eropa, dan Tiongkok, lo. Banyak filosofi dari bangunan ini yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Joglo Pencu.

Selain rumah adat, kamu juga bisa mengunjungi Museum Kretek dan Museum Jenang. Ya, kretek dan jenang memang lekat dengan Kudus. Kamu bisa berwisata sejarah di dua museum tersebut.

Namun, kedua museum itu nggak berada di satu kompleks, Millens. Musem Kretek berada di Desa Getas Pejaten No 155, Kecamatan Jati. Sementara itu, Museum Jenang ada di Jalan Sunan Muria No 33, Glantengan, Kecamatan Kota.

Oh iya, kamu juga bisa mengunjungi ikon Kudus yakni Menara Kudus. Ikon satu ini berada di kompleks Makam Sunan Kudus di Kecamatan Kota. Menara Kudus dipercaya sebagai peninggalan Sunan Kudus yang juga hasil dari akulturasi beberapa budaya seperti Islam, Hindu, dan Tiongkok.

Wisata Alam

Air terjun Kali Banteng Kudus. (itoday)

Salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kudus adalah Air Terjun Montel. Lokasi air terjun ini nggak jauh dari kawasan makam Sunan Muria, Kecamatan Dawe.

Selain Air Terjun Montel, Kudus juga punya sejumlah air terjun lain, Millens. Kamu langsung saja datang ke Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog. Di sana ada dua air terjun. Pertama, Air Terjun Kali Banteng yang letaknya nggak jauh dari Kali Petuk. Akses menuju ke air terjun ini juga mudah kok.

Kedua, ada Air Terjun Mpetung. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, untuk mencapai Mpetung, kamu harus melewati medan yang cukup susah. Kamu mesti melewati jalan setapak yang kanan kirinya adalah tebing dan jurang. Kamu juga perlu menyeberangi beberapa aliran sungai kecil.

Masih di Rahtawu, kamu juga bisa menemukan wisata alam yang lain seperti Bukit Natas Angin dan beberapa pemandian. Hm, cukup banyak ya!

Wisata Religi


Menara Kudus. (Tripadvisor)

Kudus terkenal sebagai kotanya para Wali. Bila berkunjung ke sini, wisata religi menjadi wisata yang paling diminati. Ada dua makam wali yang bisa kamu kunjungi yakni makam Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Sunan Kudus atau yang dikenal bernama Sayyid Ja’far Sadiq Azmatkhan merupakan salah satu dari sembilan wali yang berjasa besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya di tanah Jawa. Makam Sunan Kudus berada di dalam kawasan Menara Kudus dan Masjid Al-Aqsa yang terletak di tengah kota.

Berbeda dengan Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria berada di lereng Gunung Muria, Dawe, Kudus. Dari pusat kota, kamu mesti menempuh jarak sekitar 19 km dengan waktu tempuh 2 jam bila menggunakan mobil.

Hm, lengkap nih, Millens. Ada wisata religi sampai wisata alam di Kudus. Jadi, kapan mau ke Kudus nih? (IB07/E04)