Yang Misterius dari Gunung Slamet

Gunung Slamet punya cerita-cerita misteri yang bisa bikin bulu kudukmu merinding. Mulai dari pos peristirahatan yang dihuni hantu, hingga pasar yang konon menjadi tempat berkumpul para makhluk halus. Duh, seseram apa sih kemistisan gunung ini?

Yang Misterius dari Gunung Slamet
Gunung Slamet (Wikipedia.org)

Inibaru.id – Gunung adalah tempat sakral. Sebagian masyarakat setempat percaya, gunung bukan sekadar gundukan menjulang yang terbentuk karena fenomena alam. Gunung juga memiliki "nyawa" dan "emosi", karenanya ia dipandang penuh misteri.

Kalau sering mendaki gunung, kamu tentu sering diperingatkan masyarakat setempat untuk menjaga sikap dan perkataan, nggak terkecuali di Gunung Slamet. Warga sekitar gunung tertinggi di Jawa Tengah itu percaya, Gunung Slamet menyimpan misteri. Banyak cerita mistis yang telah menjadi urban legend di sana. Apa saja?

  1. Pos Samarantu

Selain misteri dua pohon besar yang konon merupakan pintu gerbang menuju kerajaan gaib, salah satu kisah mistis di Gunung Slamet adalah Pos Samarantu. Berada di Pos 4 Jalur Bambangan, warga lokal sangat menyarankan pendaki untuk nggak mendirikan tenda di dekat pos itu.

Konon, nama "Samarantu" diambil dari kata "samar" dan "hantu", yakni hantu yang nggak kelihatan. Sebagian warga meyakini tempat itu dihuni makhluk nggak kasat mata yang kerap mengganggu para pendaki.

  1. Makhluk Kerdil

Kalau Jalur Bambangan ada Pos Samarantu, Jalur Guci ada cerita tentang makhluk kerdil. Ada cerita bahwa makhluk kerdil itu semula adalah pendaki yang tersesat. Untuk bertahan hidup, dia makan dedaunan, hingga membuatnya kehilangan jati diri sebagai manusia. Makhluk itu konon suka mencuri makanan pendaki tanpa terlihat.

Kehadiran makhluk kerdil itu biasanya ditandai dengan makanan pendaki yang hilang di jalur tersebut. Hm, jadi merinding!

  1. Naga Cerek

 

Air Terjun Guci dipercaya masyarakat setempat bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Namun, ada pula yang percaya tempat ini bisa menjadi lokasi mencari pesugihan. Konon, ada sarang siluman naga bernama Naga Cerek di balik air terjun tersebut.

  1. Pasar Hantu

Salah satu "fenomena" yang ditakuti pendaki di Gunung Slamet adalah keberadaan Pasar Hantu di sana. Ya, ada keriuhan pasar, tapi nggak ada wujudnya! Siapa yang nggak deg-degan kalau menemui hal itu di tengah hutan? Tambahan, konon banyak pendaki meninggal di lokasi tempat pasar hantu itu terdengar. Duh, syerem!

Fenomena pasar hantu memang kerap dialami pendaki. Ini karena di punggung gunung, khususnya di tempat yang lapang, angin malam biasanya bertiup dengan kencang hingga menimbulkan suara riuh yang menyerupai suasana pasar.

Nah, Karena tempatnya luas, lokasi ini acap digunakan pendaki untuk beristirahat. Padahal, dengan angin yang kencang, kondisi tersebut justru membahayakan pendaki karena berisiko terkena hipotermia. Nggak heran kalau lokasi ini memakan banyak korban.

Yap, terlepas dari ada atau tidaknya peristiwa mistik itu, seorang pendaki memang harus menjaga sikap dan perilaku. Hormati alam dan pastikan paham medan yang kita lalui! (IB15/E03)