Wisata Sungai Tersembunyi di Brebes Bernama Ranto Canyon

Wisata Sungai Tersembunyi di Brebes Bernama Ranto Canyon
Ranto Canyon. (Desawisata)

Bermain-main di sungai dengan bebatuan terjal dan dinding batu yang mengapitnya tentu menyenangkan. Ditambah lagi air yang bening dan lingkungan yang sejuk dijamin bakal membuatmu nggak ingin beranjak atau buru-buru pulang. Di manakah ini?

Inibaru.id – Sebuah kecelakaan sempat terjadi di wisata alam ini. Akhir pekan 27 November 2016, seorang wisatawan terhanyut diterpa air bah yang mendadak muncul di sungai tersebut. Namun, alih-alih bikin wisatawan enggan berkunjung, objek wisata pemacu adrenalin itu justru kian diminati.

Ya, ia adalah Ranto Canyon, wisata jeram yang berlokasi di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Nggak hanya keindahan alamnya yang menawan, kesulitan akses dan medan juga menjadi daya tarik yang disukai para petualang.

Namun, jangan berharap ada transportasi umum menuju tempat tersebut. Lokawisata dengan trek sekitar 760-an meter itu hanya bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor.

Ranto Canyon bisa ditempuh sekitar tiga jam dari Kabupaten Brebes. Itu pun kamu masih harus berjalan menapaki jalan ciut menurun sekitar 200 meter yang bikin nyali kecut, tapi sepadan.

Menuruni tebing batu di Ranto Canyon. (Instagram/rizkiawanabdian)

Sepadan memang karena begitu sampai di Ranto Canyon, kamu bakal disambut dengan kesejukan pegunungan dan keindahan tebing-tebing terjal yang memagari aliran sungai. Di atas tebing, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang masih asri.

Sungai bening dengan gemericiknya yang nyaring juga bakal langsung menyapamu. Di pinggir-pinggirnya, tebing bebatuan tinggi menjulang tak kurang dari 10 meter.

Nggak hanya aliran sungai, jeram ekstrem dan air terjun setinggi 20 meter juga bisa kamu temui sepanjang perjalanan. Letih di perjalanan bakal terbayar begitu kamu tiba di inti dari objek wisata ini. Dingin dan segarnya air akan membuatmu lena dan enggan pulang.

Tenang saja, Ranto Canyon bersumber dari Sungai Cigunung yang berada di tengah hutan dan masih jarang tersentuh masyarakat sekitar, kok. Maka, bisa dipastikan airnya begitu bersih dan jernih sehingga aman bagi tubuh.

Kendati begitu, karena lokawisata ini cukup menantang, pastikan kondisi badanmu fit, ya. Jangan memaksakan diri kalau sedang sakit, karena sedikit teledor saja bisa berbahaya bagi keselamatanmu.

Ranto Canyon. (Pictoxo)

Dikutip dari Liputan6.com (6/12/2016), untuk berwisata ke sini, kamu cukup membayar pemandu wisata sebesar Rp 30 ribu per orang. Ini sudah termasuk fasilitas sewa helm dan pelampung. Cukup terjangkau, kan? (IB20/E04)