Dari Limbangan Hingga Sumowono, 5 Deretan Wisata Low Budget Ini Punya HTM di Bawah 10 Ribu

Liburan rasanya kurang lengkap tanpa jalan-jalan. Bagi kamu yang tinggal di sekitar Semarang, beberapa tempat wisata berikut menawarkan pemandangan alami yang indah dengan HTM di bawah 10 ribu. Apa saja? yuk simak !

Dari Limbangan Hingga Sumowono, 5 Deretan Wisata <em>Low Budget</em> Ini Punya HTM di Bawah 10 Ribu
Curug Klenting Kuning, Salah satu wisata murah di Sumowono. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Inibaru.id - Mencari objek wisata yang nggak jauh dari Kota Semarang tapi dengan HTM murah? Mungkin informasi berikut bisa jadi referensi bagi kamu yang pengin berwisata tapi minim dana.

  1. Taman Bunga Sekar Sari

Kalau kamu penyuka bunga, taman yang terletak di Desa Margosari Limbangan ini bisa banget kamu kunjungi, Milllens. Hanya dengan Rp 5000 kamu bisa menikmati taman dengan beragam jenis bunga ini.

Ikon burung merak dengan balutan bunga di taman bunga Sekar Sari (ZulfaAnisah)

Taman Bunga Sekar Sari. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Namanya juga taman bunga, Pasti indah kan ya? Kamu sudah bisa dipastikan langsung mengeluarkan gawai untuk berswafoto di berbagai spot cantik yang ada. Wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

  1. Curug Panglebur Gongso

Siapa sih mahasiswa sekitar Kota Semarang yang nggak kenal dengan wisata alam yang satu ini. Terkenal sebagai tempat makrab, Curug Panglebur Gongso ini jadi paket lengkap bagi mahasiswa yang ingin mengadakan acara keakraban dengan konsep alami.

Aliran deras curug Panglebur Gongso yang berasal dari gunung Ungaran (Zulfa Anisah)

Curug Panglebur Gongso. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Tapi kamu boleh kok kalau mau ke sini sama pacar, teman, atau keluarga. Daya tarik utamanya adalah air terjunnya yang cukup tinggi serta debit airnya yang deras. Terlebih lagi saat musim hujan seperti ini. Segar banget kan, Millens? HTM-nya Rp 5000 aja kok. Tapi hindari ke sana setelah hari hujan ya soalnya airnya akan terlihat keruh.

  1. Taman Sayur

Lereng Ungaran memang terkenal dengan produksi sayurannya ya, Millens. Nah, di wisata taman sayur ini kamu bakal disuguhi berbagai macam tanaman sayur yang tertata apik. Selain itu, ada juga spot foto menarik dengan latar belakang hijaunya lereng Ungaran.

Berbagai tanaman yang bisa dilihat dan dibeli oleh pengunjung

Taman sayur di Lereng Ungaran yang menyejukkan mata. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Kamu juga bisa membawa pulang berbagai sayuran dalam pot dengan harga Rp 2500 saja, lo. Bukan hanya itu, kamu juga bisa berenang dengan biaya tambahan Rp 5000. Dengan tiket masuk Rp 10.000 perorang. Murce banget nggak sih, Millens?

  1. Curug Klenting Kuning

Jika kamu berkunjung ke sini, jangan harap akan menemui sosok putri cantik seperti di legenda Ande-Ande Lumut itu ya, Millens. Nama Klenting Kuning ini diambil karena bebatuan yang terdapat pada air terjunnya yang berwarna kuning. Yap, bebatuan ini berwarna kuning karena lumut yang menempel. Unik banget ya.

Bebatuan yang dilalui air curug klenting kuning diselimuti oleh lumut yang berwarna kuning (ZulfaAnisah)

Pengunjung tengah berfoto di Curug Klenting Kuning. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Air curug yang berasal dari Gunung Ungaran ini cocok banget buat kamu yang suka berenang. Karena itu, tampak jernih. Brr.. Dijamin segar banget. Ongkos masuk tempat ini murah banget kok. Cukup dengan 5000 perak, kamu bisa menikmati leindahan air terjun, mengeksplorasi spot foto di antara pepohonan pinus plus renang sak kemengmu. Hehe

  1. Bantir Hills

Bagi kamu yang suka wisata yang berbau folk, Bantir Hils cocok banget untuk kamu kunjungi. Berada tepat di Lereng Ungaran, wilayah dengan vegetasi pohon pinus ini disulap menjadi tempat wisata alami yang ciamik. Banyak spot foto menarik yang bisa kamu eksplorasi.

wisata hutan pinus sambil melihat kabupaten Semarang dari ketinggian (Zulfa Anisah)

Beberapa pengunjung sedang berjalan menyusuri area Bantir Hills. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Di sini kamu juga bisa melihat pemandangan dari atas bukit. Suasananya yang adem dijamin bikin kamu betah berlama-lama berada di tempat ini. Untuk masuk kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5000.

Kalau kamu ke sana menggunakan kendaraan, rata-rata tarif parkir sama kok. Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 4000 – Rp 5000 untuk mobil. Gimana? Jadi destinasi menarik meski tengah tanggal tua kan? Ha ha (Zulfa Anisah/E05)