Wisata ke Korea, Jangan Lakukan Hal Ini, Ya?

Wisata ke Korea, Jangan Lakukan Hal Ini, Ya?
Ada beberapa hal yang sebaiknya nggak kamu lakukan saat wisata ke Korea. (Flickr/ Tai-Jan Huang)

Kalau kamu wisata ke Korea, ada etika yang harus kamu perhatikan ya, Millens. Intinya sih, kalau jalan-jalan ke Korea, jangan lakukan berbagai hal ini, deh.

Inibaru.id – Kini, wisata ke Korea Selatan jadi salah satu impian banyak orang. Hal ini disebabkan oleh gencarnya promosi budaya dari Negeri Ginseng tersebut. Drama Korea, hingga musik-musik dari sana membuat masyarakat Tanah Air ngebet pengin melihat langsung lokasinya.

Memang sih, negara yang ada di Asia Timur ini punya banyak destinasi wisata menarik. Bahkan, datang ke Ibu Kota Seoul yang padat itu saja sudah terlihat sangat menarik. Makanya, banyak orang yang benar-benar mau meluangkan uang dan waktu untuk berwisata ke sana.

Meski sudah sering menerima wisatawan, bukan berarti warga Korea memaklumi siapa saja yang datang ya. Sebagaimana peribahasa ‘Di mana langit dijunjung, di sana bumi dipijak,’ sebaiknya kamu juga harus tahu apa saja yang boleh dilakukan atau nggak boleh dilakukan saat jalan-jalan ke Korea.

Nah, biar nggak bingung, ini lo hal-hal yang sebaiknya kamu nggak lakukan kalau berada di sana.

·         Jangan Sembarangan Membuang Sampah

Sebenarnya sih, ya, aturan jangan membuang sampah sembarangan berlaku di mana saja di seluruh dunia, nggak di Korea saja. Sayangnya, banyak orang Indonesia yang masih menyepelekan hal ini. Biasanya sih alasannya karena banyak orang yang melakukannya, jadi terkesan biasa, deh. Padahal, kalau dilakukan salah, lo.

Kalau kamu tetap nekat buang sampah sembarangan di Korea, bisa kena tegur, lo. Selain dimarahi warga lokal, kamu juga bisa saja didenda petugas. Banyak CCTV mengawasimu, lo!

Sejumlah etika harus kamu perhatikan saat wisata ke Korea. (Flickr/

Tracy Hunter)
Sejumlah etika harus kamu perhatikan saat wisata ke Korea. (Flickr/ Tracy Hunter)

·         Jangan Bertingkah Aneh-aneh di Angkutan Umum

Angkutan umum di Korea Selatan ada beragam. Kalau di kota besar, selain bus, kamu bisa naik kereta bawah tanah. Nah, kalau kamu menaikinya, jangan bertingkah aneh-aneh. Contohlah, jangan banyak bicara saat melakukannya. Kalau nggak, bisa jadi kamu ditegur penumpang lain, lo.

Selain itu, jangan asal mengambil foto ya di sana. Meski kamu melihat cewek cakep sekalipun, jangan! Bisa jadi kamu ditangkap lo akibat hal ini.

·         Perhatikan Etika Makan

Di Korea Selatan, etika saat makan dijunjung tinggi. Kalau ada orang tua, misalnya, kamu nggak boleh makan duluan. Pastikan mereka sudah makan meski hanya sesuap. Selain itu, sebaiknya jangan menancapkan sumpit ke mangkuk nasi meskipun kamu kesulitan untuk meletakkannya. Soalnya, itu tanda kematian, Millens. Kalau susah menaruhnya di atas mangkuk, taruh saja di atas meja.

Kalau makan di restoran, sebaiknya bereskan sendiri ya mejanya. Apalagi kalau kamu makan di gerai fast food. Sudah ada tempat sampah kok dan tempat menaruh piring atau nampan kotor. Pastikan meja sudah dalam kondisi bersih saat kamu meninggalkannya.

Hm, nggak ribet sih ya, sebenarnya, tapi tetap saja, kamu harus perhatikan hal ini saat wisata ke Korea agar nggak kena masalah dan akhirnya bisa benar-benar menikmati waktumu di sana, deh. (Kom/IB09/E05)