Watu Ireng, Bukit Batu Unik di Pekalongan

Bagi kamu pencinta alam yang ingin menikmati keindahan alam di Pekalongan, Jawa Tengah, maka Bukit Watu Ireng bisa menjadi destinasi kamu. Berupa batu hitam besar berbentuk bukit, Watu Ireng menawarkan wisata dengan keunikannya tersendiri.

Watu Ireng, Bukit Batu Unik di Pekalongan
Bukit Watu Ireng (pekalonganisme.com)

Inibaru.id - Apa yang terlintas di benak Sobat Millens ketika mendengar nama Watu Ireng? Mungkin bagi yang belum mengetahuinya akan mengernyitkan dahi. Perlu kamu tahu, Watu Ireng itu lokawisata di Desa Lambur, Kecamatan  Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Kok Watu Ireng yang berarti ‘’batu hitam”? Sesuai namanya di lokawisata tersebut berupa bukit berbatu monolit besar berwarna hitam pekat. Keluasan bukitnya sekitar 2 hektare. Besar sekali bukan?

Mengutip cintapekalongan.com, dari atas Bukit Watu Ireng kamu dapat melihat pemandangan alam indah berupa hutan pinus dan karet serta persawahan hijau. Udaranya sejuk, bikin kamu betah berlama-lama di sana. Selain itu, ada juga spot yang disediakan bagi kamu yang hobi berswafoto. Dijamin hasil fotomu kece deh! Selain itu, bukit tersebut juga menantang bagi yang suka panjat tebing. Tertarik mencoba?

Oya, bukit Watu Ireng ini juga punya keunikan lain. Di beberapa bagian di atas bukit, jika kamu mengentakkan kaki, maka akan terdengar bunyi seperti suara gong.

Selain itu, konon di bukit Watu Ireng ini ada pintu yang bisa menghubungkan ke dalam sebuah gua di bawah batu. Masyarakat percaya, di dalamnya terdapat satu set gamelan dan beberapa gaman. Tapi hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat dan masuk ke dalam gua tersebut.

Ada juga yang mengatakan, dahulu gua tersebut jadi tempat persembunyian para pejuang yang melawan penjajah. Pada hari dan malam-malam tertentu biasanya ada orang bersemadi di bukit Watu Ireng ini.

Bukit Watu Ireng cukup ramai dikunjungi, terutama pada hari libur. Bukan hanya masyarakat Pekalongan, pengunjung dari luar kota pun datang.

Nah, buat yang ingin pergi ke sana, tempat tersebut buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00. Harga tiketnya juga murah. Cukup Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu untuk parkir kendaraan, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Bukit Watu Ireng.

Untuk menuju ke bukit yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kabupaten Pekalongan itu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dari Kota Pekalongan kamu menuju ke selatan, tepatnya di Kajen. Setelah sampai, kamu harus ke Kandang Serang.

Kamu juga bisa lewat Comal. Dari Pasar Comal lurus terus ke arah Polsek Bodeh lalu belok kiri di pertigaaan Polsek Bodeh menuju arah Kesesi. Setelah itu ada pertigaan belok kiri menuju Pasar Kesesi dan lurus terus sampai ada pertigaan kedua, belok kanan menuju Desa Lembur, Kandang Serang.

Berhubung jalannya menanjak, jadi pastikan kendaraan yang kamu gunakan cukup tangguh. Tapi tenang, semua itu akan terbayar jika telah menikmati pemandangan di Bukit Watu Ireng. (IB05/E02)