Waduk Tempuran, Oase Tanah Blora yang Berikan Kesejukan dan Kesegaran
Waduk Tempuran hijaunya menyegarkan mata. (Gymlive/mumusubhan)

Waduk Tempuran, Oase Tanah Blora yang Berikan Kesejukan dan Kesegaran

Blora nggak hanya terkenal dengan masyarakat Samin saja lo. Namun juga pemandangan alamnya, khususnya Waduk Tempuran. Apa menariknya ya waduk ini?

Inibaru.id – Bagi warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah, khususnya yang tinggal di sekitar Dusun Juwet, Desa Tempuran, Waduk Tempuran bukan sekadar tempat wisata. Sebagian warganya menjadikan danau buatan itu sebagai sumber penghidupan.

Sebagian warga yang berprofesi sebagai petani sangat menggantungkan kehidupan mereka dari debit air di waduk tersebut. Masyarakat setempat juga memanfaatkan waduk untuk kepentingan perikanan.

Saat dibangun pemerintah kolonial Belanda pada 1916, Waduk Tempuran berfungsi sebagai penyimpan air untuk keperluan perikanan dan pertanian, dengan luas genangan 44,23 hektare. Selain menampung air, tempat itu juga berguna untuk mencegah kebanjiran pada musim penghujan.

Naik perahu bareng rombongan! (Twitter/info_blora)

Berjarak sekitar 10 kilometer ke arah timur dari pusat kota Blora, waduk ini berbentuk melingkari perbukitan Dusun Juwet. Belakangan, waduk tersebut kerap dimanfaatkan sebagai tempat latihan atlet dayung, selain dipermak agar kian cantik sebagai destinasi wisata unggulan Kota Mustika.

Tongkrongan Cozy

Pemerintah setempat sepertinya memang berniat menjadikan Waduk Tempuran sebagai lokawisata unggulan di Blora. Pelbagai fasilitas bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke waduk tersebut. Banyak tongkrongan cozy untukmu menghabiskan akhir pekan bersama teman, pacar, atau keluarga.

Di Waduk Tempuran, kamu bisa menyambangi tempat pemancingan, naik perahu atau "bebek air", atau berkunjung ke water boom. Nggak hanya berasal dari Blora, sebagian pengunjung juga datang dari Rembang, Pati, Kudus, Jepara, hingga dari Jawa Timur seperti Tuban.

Senja di atas bebek air di Waduk Tempuran, romantis juga ya. (Gymlive.org/f.a.lens)

Wisatawan yang lelah bermain biasanya bakal memesan makanan di kafe-kafe yang berderet di pinggir waduk. Aneka jenis bakaran bisa kamu nikmati sambil lesehan pinggir waduk. Menunya? Ikan bakar gurih dengan bumbu kecap! Yummy!

Eh, kalau kocekmu lebih, kulineran di atas perahu pun bisa kamu coba, lo. Sembari menikmati senja bareng si dia yang tersang, lengkap sudah! Aih, aih!

Belum punya rencana akhir pekan ini? Nggak ada salahnya ke Waduk Tempuran! Sesekali liburan ke Blora kan nggak ada salahnya! (MG26/E03)