Uniknya Bebatuan di Dinding Gua Kidang Kencana

Uniknya Bebatuan di Dinding Gua Kidang Kencana
Serasa sedang berada di atas panggung pementasan ya? (Jadi Pergi)

Gua Kidang Kencana memiliki bagian dalam yang memesona mata. Nggak hanya bentuk dindingnya yang unik, masuk ke sana bikin pengunjung serasa berada di panggung pementasan. Belum pernah masuk ke sana? Yuk, jelajahi bersama.

Inibaru.id – Gua Kidang Kencana mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Namun, jika kamu hobi menjelajah alam, gua yang berada di Dusun Sabrang Kidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta ini layak masuk dalam daftar tujuanmu. Hm, seperti apa sih keindahan gua ini?

Lokasi Gua Kidang Kencana nggak jauh dari Gua Kiskendo. Mulut gua ini memiliki lebar dua meter. Saat menjelajahi bagian dalamnya, kamu akan melewati lorong-lorong sempit hingga harus berjongkok dan merangkak. Meski begitu, nggak semuanya sempit, lo. Ada pula ruang yang agak luas.

http://jogja.korinatour.co.id/wp-content/uploads/2016/12/Goa-Tanding-5-1120x800.jpg

Ada sembilan tempat bertapa di dalam Gua Kidang Kencana. (Korina)

Ornamen dengan bentuk yang unik jadi pemandangan yang mesti kamu cermati selama di sana. Ringin Kurung, Selangit, Soko Bentet, Bungkus Angkrem, Langit Kuntoro, Bulus, dan Pancoran adalah nama beberapa jenis ornamen batu di sana. Karena gua ini agak licin, gunakan pakaian yang nggak ribet saja selama melihat bebatuan di sana ya.

Untuk masuk ke Gua Kidang Kencana, kamu harus membayar tiket sebesar Rp 15 ribu dulu. Dari harga tersebut kamu bakal mendapatkan headlamp, rompi, dan sepatu.

O ya, menurut pengelola tempat ini, Gua Kidang Kencana dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Kalau ada waktu luang, luangkan waktu untuk ke sana ya.

Selain Gua Kidang Kencana, masih ada beberapa gua yang sebaiknya kamu jelajahi saat di Yogyakarta. Jika pengin menjelajahinya, siapkan fisik yang prima. Dan ingat, selalu jaga tingkah lakumu selama di sana ya! (IB15/E03)