Unik dan Indah, Inilah Lima Desa Magelang yang Jadi Tujuan Wisata

Berkunjung ke Candi Borobudur nggak lengkap rasanya kalau kamu belum mampir ke desa-desa wisata di sekitarnya. Nah, sebelum memutuskan menjelajahi desa-desa itu, nggak ada salahnya mengintip potensi masing-masing desa. Lima desa wisata ini mungkin bisa jadi tujuanmu setiba di sana.

Unik dan Indah, Inilah Lima Desa Magelang yang Jadi Tujuan Wisata
Anak-anak tengah bermain gamelan. (dewirieka.com)

Inibaru.id – Candi Borobudur memiliki arsitektur yang indah. Selain menjadi tempat suci bagi umat Buddha, candi ini menjadi tujuan para wisatawan domestik dan internasional untuk dikunjungi. Untuk memaksimalkan potensinya, desa-desa di sekitar Candi Borobudur lantas dikelola menjadi desa wisata.

Terdapat sekitar 20 desa wisata di Kecamatan Borobudur. Setiap desa memiliki keunikan yang bikin kamu betah berlama-lama di sana. Ketimbang bingung mau berkunjung ke desa mana saja, lima desa ini bisa jadi referensimu, lo.

Desa Sambeng

Kenanga menjadi bunga yang dibudidayakan di Desa Sambeng. (tanaman--herbal.blogspot.com)

Desa Sambeng dikenal sebagai salah satu pusat perkebunan bunga kenanga. Selain membudidayakan bunga kenanga, desa ini juga mengembangkan durian dan ikan beong sebagai komoditasnya, lo.

Desa Ngargogondo

Bibit durian bisa didapatkan di Desa Ngargogondo. (Infoagrobisnis.com)

Seperti Desa Sambeng, Desa Ngargogondo pun menjadi sentra pembibitan durian. Kamu yang pengin menanam pohon durian di rumah sendiri, bisa membeli bibitnya di sana. Selain bibit durian, kerajinan bambu berupa kerombong banyak diproduksi di sana/

Desa Tegalarum

Jamur tiram bisa diolah menjadi pelbagai masakan. (Agromedia.net)

Jika kamu doyan makan jamur tiram, kamu sebaiknya berkunjung ke Desa Tegalarum. Nggak hanya membeli jamur ini dalam bentuk mentah, kamu pun bisa mencicipi pelbagai olahannya. Dari satai hingga rendang bisa kamu temukan di salah satu rumah makannya.

Desa Candirejo

Kalau nggak pengin naik mobil jep, kamu bisa mencoba naik "mobil" tradisional ini. (pujipurda.files.wordpress.com)

Jika kamu pengin melakukan aktivitas-aktivitas seru di alam terbuka, Desa Candirejo bisa jadi persinggahanmu berikutnya. Desa ini menawarkan wisata offroad, naik getek, hingga berkunjung ke Sendang Banyu Asin. Sendang ini cukup unik lantaran airnya asin. Padahal, kalau ditelisik, nggak ada laut di sekitarnya, lo.

Desa Bumiharjo

Ada banyak permainan tradisional yang menarik di desa ini. (Tribunnews)

Desa lain yang nggak kalah serunya adalah Desa Bumiharjo. Kalau kamu pengin bernostalgia tentang masa kecil, mampirlah ke desa ini. Di sana, kamu bakal menjumpai Kampung Dolanan yang menyuguhkan pelbagai permainan tradisional. Mulai dari gobag sodor, dakon, hingga egrang bisa kamu jajal, lo.

Kelima desa tersebut memang menarik untuk dikunjungi, namun bukan berarti kamu lantas membatasi diri. Desa-desa wisata lainnya nggak kalah keren kok buat dieksplor. Supaya nggak bingung, kamu tetap harus merencanakan gimana menjelajahi desa-desa ini dengan efektif dan efisien. Jadi, pintarlah menyusun rencana ya. (IB15/E03)