Di Tumurun Private Museum Solo, Koleksi Seni Kelas Dunia Milik Bos Sritex Bisa Kamu Nikmati

Di Tumurun Private Museum Solo, Koleksi Seni Kelas Dunia Milik Bos Sritex Bisa Kamu Nikmati
Tumurun Private Museum Solo. (Instagram/tri_action)

Kendati gratis, kamu nggak bisa sembarangan masuk ke museum ini, karena ada akses sidik jari yang hanya dilakukan manajer dengan pemandunya. Di sini, pelbagai karya seni kelas dunia dipajang. Penasaran?

Inibaru.id – Sebagai kota wisata di Jawa Tengah, Kota Solo memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi.  Di kota ini, terdapat beberapa museum yang bisa jadi tempat bertualangmu. Nah, daripada bingung mau berkunjung ke mana, Tumurun Private Museum Solo bisa jadi tujuan pertamamu.

Tumurun Private Museum Solo adalah museum yang didirikan oleh perusahaan tekstil Sritex. Museum ini dibangun oleh Iwan Kurniawan, pemilik Sritex sekaligus putra dari HM Lukminto.

Untuk menghormati sang ayah yang suka mengoleksi karya seni, Iwan kemudian membangun museum ini. Kamu yang penasaran dengan isinya bisa berkunjung ke Jalan Kebangkitan Nasional No 8, Solo.

Tumurun Private Museum. (Instagram/tis_tissa)

Terdiri atas dua lantai, museum ini diisi oleh karya seni kontemporer dan karya seni modern. Untuk melihat-lihat koleksinya, pengunjung bakal ditemani seorang pemandu.

Oya, untuk masuk ke sana kamu nggak bisa sembarangan, lo. Ini karena Tumurun Private Museum Solo hanya bisa diakses oleh manajer dan pemandu museum menggunakan sidik jari.

Di sana, kamu bisa menyaksikan sekitar 100 karya seni. Bagi kamu yang suka seni lukis, nama-nama seperti Entang Wiharso, Heri Dono, Eddy Susanto, dan Eko Nugroho tentu nggak asing di telinga.

Karya seni ikonik di Tumurun Private Museum. (Luxina)

Selain seniman Indonesia, karya sejumlah seniman dari Amerika, Singapura, Filipina, dan Jepang, juga bisa kamu amati di sana. Yang unik, selama di sana, kamu hanya akan diberi waktu untuk berpose selama 15 menit. Hm, harus dimanfaatkan tuh!

Untuk masuk ke museum ini, kamu nggak dikenakan biaya apapun alias gratis. Kamu yang pengin liburan ekonomis tentu bisa memanfaatkan fasilitas ini. Jadi pencinta seni belum lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke Tumurun Private Museum Solo.

Supaya jalan-jalanmu ke museum ini makin asyik, ajak pula pencinta seni lainnya ya! (IB15/E03)