Traveling Selama Ramadan? Perhatikan Hal-Hal Ini!

Traveling selama Ramadan, kenapa nggak? Kita masih tetap bisa melakukan perjalanan seru meskipun berpuasa, lo. Agar perjalanan nyaman, perhatikan hal-hal berikut ini, ya.

Traveling Selama Ramadan? Perhatikan Hal-Hal Ini!
Traveling. (Opodo.fr)

Inibaru.id – Bulan Ramadan sepatutnya nggak menjadi halangan bagi umat Islam untuk beraktivitas. Kendati menahan lapar dan dahaga, kita bisa tetap bepergian, lo. Yap, traveling selama Ramadan sama sekali nggak masalah untuk dilakukan.

Eits, tetapi ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan kamu nyaman. Apa saja? Yuk, simak tps yang dikutip dari Kompas.com (24/5/2018) berikut ini.

Susun jadwal perjalanan dengan bijak

Travel plan. (Shutterstock.com)

Kamu perlu menyusun jadwal perjalanan kamu dengan mempertimbangkan kondisi bulan puasa. Sesuaikan waktu keberangkatan kamu agar nggak berbenturan dengan jadwal sahur dan berbuka. Oya, jika nggak terpaksa, jangan bepergian menjelang berbuka, ya! Kamu bakal kerepotan sendiri.

Pastikan lokasi tempat beribadah

Pastikan lokasi tempat ibadah. (dontstopliving.net)

Berapa lama perjalanan yang perlu kamu tempuh untuk menuju destinasi yang hendak kamu kunjungi? Pastikan waktunya agar kamu tetap bisa menjalankan ibadah lima waktu, ya. Kamu juga bisa bertanya pada penduduk sekitar jika kebingungan mencari masjid atau musala.

Bersiap untuk hal tak terduga

Sediakan air dalam tumbler di tas. (thule.com)

Hal-hal di luar rencana kerap terjadi dalam sebuah perjalanan, seperti penundaan jadwal keberangkatan, kemacetan, sakit, dan sebagainya. Nah, maka dari itu, kamu perlu selalu menyediakan makanan kecil, air mineral, dan obat-obatan pribadi.

Makan sahur dan buka

Jangan lupa berbuka. (outdoortime.info)

Nah, yang terpenting, jangan sampai melewatkan waktu sahur dan berbuka, ya! Sahur dapat memastikan tubuh kamu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk berpuasa sehari penuh. Berbuka dapat mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima kembali.

Kalau kamu melakukan perjalanan ke negara yang mayoritas penduduknya beragama lain, kamu bisa mencari informasi mengenai makanan yang aman untuk dikonsumsi. Oya, jangan lupa meminum vitamin juga, ya!

Dengan memperhatikan empat hal di atas, semoga perjalanan kamu semakin aman dan menyenangkan, ya. Yang penting, hati-hati di mana pun kamu berada, Millens. Selamat berlibur! (IB08/E03)