Tirto Samudro, ‘Scheveningen Kecil’ yang Lebih Dikenal Sebagai Pantai Bandengan
Pantai Bandengan. (Byrastory.blogspot)

Tirto Samudro, ‘Scheveningen Kecil’ yang Lebih Dikenal Sebagai Pantai Bandengan

Menyebut Pantai Tirto Samudro mungkin tidak cukup familiar, tapi Pantai Bandengan, niscaya orang Jepara akan lebih tahu itu. Kenapa pantai yang juga disebut Klein Scheveningen itu lebih dikenal sebagai Bandengan?

Inibaru.id – Kartini pernah memamerkan pantai ini kepada Stella, sahabat penanya yang tinggal di Belanda. Lantaran dianggap seindah Scheveningen Strand di Den Haag, Stella kemudian menjuluki pantai ini sebagai Klein Scheveningen.

Klein Scheveningen berarti Scheveningen Kecil. Nama itu masih diingat hingga sekarang, meski sejatinya pantai berpasir putih tersebut memiliki nama resmi yang terpampang lebar di tepi pantai, yakni Pantai Tirto Samudro.

Dibanding Tirto Samudro, orang Jepara memang lebih familiar dengan Klein Scheveningen. Atau, lebih familiar lagi, masyarakat Kota Ukir menyebutnya Pantai Bandengan. Ini karena pantai tersebut berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara.

Pantai landai berpasir putih dengan air laut yang bening, indah, kan? (Instagram/bowobukanboyo)

Perihal Bandengan, ada cerita menarik, nih, Millens. Kisah desa ini konon erat kaitannya dengan hasil temuan anak dari Sunan Muria, salah seorang penyebar agama Islam di Jawa.

Alkisah, anak Sunan Muria, yakni Amir Hasan, adalah sosok yang bandel dan nakal. Dia kemudian disuruh memperdalam ilmu agama dan mendakwahkan Islam di Kepulauan Karimunjawa.

Ketika tiba di sebuah wilayah, Amir Hasan menemukan banyak ikan bandeng. Nah, dari situlah nama Bandengan muncul, termasuk pantainya yang diberi nama Pantai Bandengan.

Senja di Pantai Bandengan bakal membuatmu terpesona. (Flickr/Baharudin Yusup)

Pantai Bandengan berada sekitar 7 kilometer kea rah utara dari pusat kota Jepara. Di kalangan wisatawan, pantai ini termasuk yang paling banyak dikunjungi wisatawan, khususnya pada hari libur.

Dengan biaya masuk yang cukup murah, yakni sebesar Rp 5.000 saja, kamu bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang landai dengan ombak yang nggak terlalu besar. Pantai ini cocok untuk olahraga air seperti berenang atau bahkan voli pantai.

Pantai Bandengan cukup sering jadi venue untuk acara bertaraf internasional, misalnya festival laying-layang yang digelar tiap tahun. Areanya yang strategis juga kerap menjadi lintasan motor cross para rider Indonesia atau tempat gathering komunitas otomotif.

Banyak pilihan fasilitas yang bisa kamu coba. (Piknikdong)

Di sana, kamu bisa menikmati permainan air macam jetski, banana boat, flying fish, kanoe, wave house, dan lain-lain. Kamu juga nggak perlu takut kelaparan atau tertinggal waktu salat karena tempat ini menyediakan warung makan dan musala.

Pengin menginap? Tenang, Pantai Bandengan juga memiliki penginapan yang bisa kamu sewa. Kamu pun bisa sekalian membeli suvenir untuk oleh-oleh keluarga di rumah di pantai tersebut.

Wah, komplet! Nah, kalau kamu pengin menikmati pantai bak Scheveningen Strand yang terkenal di Belanda, nggak ada salahnya menjadikan Pantai Bandengan sebagai tujuan wisatamu saat berada di Jepara, lo! (MG26/E03)