Tips Traveling Hemat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tips Traveling Hemat untuk Pelajar dan Mahasiswa
Tips traveling hemat untuk pelajar dan mahasiswa. (Freepik/TIRACHARDZ via Kompas)

Biarpun masih berstatus pelajar dan mahasiswa, kamu masih bisa kok pergi berlibur tanpa membebani orang tua. Caranya dengan tips traveling hemat untuk pelajar dan mahasiswa berikut ini. 

Inibaru.id – Buat kamu pelajar dan mahasiswa yang punya rencana untuk berlibur, coba deh perhatikan beberapa tips ini biar bisa lebih hemat saat traveling.

Setelah dua tahun berjibaku dengan pandemi, kini banyak destinasi wisata yang telah dibuka dan siap menyambutmu kembali. Nah, ngomong-ngomong soal traveling pelajar dan mahasiswa yang biasanya berbujet terbatas, simak yuk tips berikut.

1. Cari tahu secara mendalam destinasi incaran

Pelajari destinasi yang bakal kamu kunjungi secara kontinu. Ini dilakukan biar kamu mendapat gambaran umum mengenai biaya yang perlu dikeluarkan nanti.

Selain itu, dengan mengetahui biaya-biaya dari awal akan menghindarkanmu dari pemalakan oleh pelaku wisata.

Jika biaya transportasi umum cukup tinggi, coba deh menyewa motor atau kendaraan sendiri. Jika memungkinkan, kamu juga dapat menjelajah menggunakan sepeda.

2. Pesan penerbangan pada hari Selasa

Pilih penerbangan hari Selasa. (Getty Image via Sindonews)
Pilih penerbangan hari Selasa. (Getty Image via Sindonews)

Bisa jadi tips ini terdengar kuno. Namun nggak ada cara lain selain memesan tiket dari jauh-jauh hari untuk berhemat.

Kalau diperhatikan dengan detail, biasanya harga tiket pesawat naik pada hari Jumat dan kembali turun pada hari Senin atau Selasa. Pada hari tersebut, permintaan biasanya rendah.

3. Kerja paruh waktu atau ikut kegiatan sukarela untuk dapat akomodasi gratis

Kalau destinasi yang kamu incar menawarkan beragam kegiatan paruh waktu atau sukarela, cobalah untuk mendaftar. Berbagai kegiatan seperti ini biasanya disertai dengan fasilitas tempat tinggal sementara lo.

Dengan begitu, kamu bisa hemat biaya akomodasi. Jika beruntung kamu juga bisa mendapatkan kegiatan yang memberikan jatah makan. Hm, jadi makin hemat kan?

4. Pilih hostel, bukan di hotel

Biasanya, harga hostel relatif lebih murah dibanding hotel meskipun kamu harus berbagi kamar dengan orang lain. Tapi, nggak ditampik kan kalau ini ide yang jitu buat memangkas biaya traveling?

Tapi, ada juga lo hostel yang menawarkan kamar dan kamar mandi privat, kalau kamu nggak mau satu ruangan dengan orang asing. Selain itu, ada juga hostel yang dilengkapi perlengkapan masak sehingga kamu nggak perlu sering-sering jajan.

5. Jangan malu menawar saat berbelanja

Jangan lupa tawar barang yang mau kamu beli. (iStockphoto via CNN)
Jangan lupa tawar barang yang mau kamu beli. (iStockphoto via CNN)

Traveling tanpa mencicipi atau membeli berbagai produk lokal mungkin bakal terasa janggal. Karena itu, jangan ragu untuk menawar apa yang mau kamu beli di pasar lokal. Kalau perlu, pelajari bahasa daerah biar gampang meluluhkan hati para pedagang.

6. Bawa kartu pelajar

Manfaatkan kartu pelajar ketika traveling. Ada banyak destinasi yang memberi harga miring pada para pelajar dan mahasiswa.

Jadi gimana, Millens? Sudah siap belum packing buat liburan nanti? (Det/IB21/E07)