Bawa Kamera Saat Traveling? Ikuti Tips Berikut Supaya Kameramu Tetap Terjaga

Bawa Kamera Saat Traveling? Ikuti Tips Berikut Supaya Kameramu Tetap Terjaga
Membawa kamera saat traveling harus hati-hati. (Telusur Indonesia)

Membawa kamera dalam perjalanan traveling memang sedikit membuat khawatir. Namun, beberapa tips di bawah ini bisa jadi bekalmu dalam menjaga kamera selama traveling agar tetap aman. Simak yuk!

Inibaru.id– Saat melakukan perjalanan wisata atau traveling, kamera menjadi barang wajib yang dibawa para pelancong. Dengan membawa kamera, semua pemandangan indah berikut pengalaman ketika di lokasi tujuan bisa diabadikan tiap detiknya. Potret itu pun bisa menjadi kenangan yang penuh cerita bagi para pelancong.

Sayang, membawa kamera saat traveling adalah hal yang sangat riskan. Kamera terutama lensa berisiko terjatuh atau lecet karena mobilitas yang tinggi. Nah, agar hal-hal tersebut nggak terjadi, berikut beberapa tips untuk menjaga kamera selama berlibur, Millens.

Membawa Tas Kamera

Tas kamera. (Tokokomputer007)

Ini adalah hal yang paling utama dalam menjaga kamera saat traveling yakni membawa tas khusus kamera. Kendati kamu sudah membawa tas ransel yang besar dan muat untuk menyimpan kamera, nggak disarankan untuk menaruh kameramu di dalam sana. Lebih aman untuk menyimpan kamera di dalam tas khusus karena tas kamera adalah pelindung pertama kamera untuk menghindarkan kamera dari goresan, debu, atau air yang menjadi musuh bebuyutan kameramu.

Gunakan Tutup Lensa

Menggunakan tutup kamera. (Wewewegreentosca)

Fungsi dari tutup lensa adalah untuk melindungi layar lensa dari gorengan atau kotoran. Jadi, ada baiknya gunakan tutup lensa saat kamu nggak sedang memotret. Pastikan juga tutup lensamu nggak hilang atau tertinggal di suatu lokasi. Kamu  juga bisa memasang tali penguhubung untuk tutup lensa dengan kamera sehingga resiko tertinggal atau hilang nggak terjadi meski kamu sering melepas tutup lensa.

Tempatkan Kamera di Tempat yang Aman


Hati-hati meletakkan kamera. (Drycabinets)

Saat kamu berada di tempat transit, di dalam mobil, atau sedang berada di kamar penginapan, pastikan kameramu berada di tempat yang aman. Pastikan kameramu selalu berada di dalam tas kamera dengan posisi yang benar. Saat berada di kamar penginapan, kamu bisa meletakkannya di tempat aman seperti lemari atau meja.

Perhatikan Kondisi Sekitar

Berhati-hati menggunakan kamera di mana pun. (Diykamera)

Di mana pun destinasi wisatamu, selalu perhatikan kondisi sekitar untuk keamanan kameramu. Jika kamu sedang melakukan perjalanan air, jagalah kameramu dari cipratan air. Jika melakukan perjalanan trekking, pastikan kameramu terpegang dengan benar agar nggak tergores ranting pohon atau jatuh. Ketika di tempat ramai saat kameramu masih dikalungkan, jangan pernah menyampirkan kameramu ke belakang atau ke samping. Selalu letakkan kamera di depan tubuhmu untuk menghindari penjambretan.

Pakai Kamera Secara Efisien

Menggunakan kamera dengan bijak. (Saveseva)

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah penggunaan kamera. Saat kamu sedang nggak memotret, pastikan kameramu dalam kondisi off atau mati. Ini akan sangat menjaga daya tahan bateraimu agar nggak cepat habis mengingat perjalanan wisatamu masih panjang.

Menuliskan Alamat di Dalam Baterai

Stiker nama. (123rf)

Siapapun pasti nggak pengin barangnya tertinggal di tempat wisata. Namun, untuk berjaga-jaga, ada baiknya kamu melakukan tips sederhana berikut ini. Kamu bisa menuliskan nama, alamat lengkap, dan nomor teleponmu untuk diletakkan di salah satu sisi baterai atau tali kameramu dengan menempelkannya dalam bentuk stiker kecil. Hal itu memudahkan seseorang yang menemukan kameramu mengembalikannya padamu.

Itulah beberapa tips supaya kameramu tetap aman saat berlibur. Selamat berakhir pekan, sobat Millens. (IB07/E04)