Asal Caranya Tepat, Memotret Pakai Ponsel Pun Bisa Ciamik

Asal Caranya Tepat, Memotret Pakai Ponsel Pun Bisa Ciamik
Memotret dengan ponsel. (Diykamera)

Pengin berlibur tapi nggak punya kamera untuk memotret? Nggak perlu cemas,kamu bisa mendapatkan foto terbaikmu dengan kamera ponsel, kok. Berikut tipsnya.

Inibaru.id – Saat pergi berlibur, wajib rasanya untuk mengabadikan setiap momen selama perjalanan. Sayang, nggak semua orang punya kamera canggih yang pas digunakan untuk memotret momen liburan. Eits, jangan khawatir, kamu bisa memotret pakai ponsel punyamu kok, apalagi ponsel sekarang sudah dibekali dengan kamera yang mumpuni.

Beberapa merek ponsel sudah memiliki kualitas pengambilan gambar yang sangat baik, bahkan melebihi kualitas kamera digital. Penggunaan kamera ponsel pun lebih praktis. Kamu juga nggak perlu takut akan risiko buruk yang biasanya dialami kamera semacam DSLR seperti terkena air dan sebagainya.

Asal cara yang kamu gunakan tepat, hasil foto menggunakan ponsel juga bisa ciamik, kok. Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memotret objek menggunakan kamera ponsel.

Posisikan Ponsel Sestabil Mungkin

Tripod akan membantumu mengambil foto dengan posisi yang stabil. (Fotografi)

Jika pengin mendapatkan foto yang bagus dan tajam, aturlah posisi ponselmu sebaik mungkin. Bila hanya menggunakan tangan, usahakan untuk mengurangi gerakan kecil ketika sedang memotret. Ini berguna untuk menghindari hasil foto yang membayang nggak jelas. Penggunaan alat bantu seperti tripod atau tongsis (tongkat narsis) bisa sangat membantumu dalam mengambil gambar.

Hindari Penggunaan Fitur Zoom

Hindari penggunaan fitur zoom. (Beritateknologi)

9to5Mac

Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/apple-luncurkan-ios-10-1-beta-benahi-fitur-kamera-pada-iphone-7-plus/
9to5Mac

Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/apple-luncurkan-ios-10-1-beta-benahi-fitur-kamera-pada-iphone-7-plus/

Saat mengambil gambar, lebih baik kamu menghindari penggunaan fitur zoom. Memakai zoom memang sangat efektif bila kamu pengin mengambil gambar dari posisi yang jauh. Sayang, hasil foto dengan fitur zoom nggak sebagus yang dibayangkan. Secara umum, zoom justru akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga akan membuat gambar fotomu menjadi nggak tajam alias pecah.

Perhatikan Cahaya

Cahaya yang pas akan membuat fotomu menjadi bagus. (Fotomatis)

Nggak hanya saat menggunakan kamera digital atau DSLR, memotret dengan ponsel juga harus memperhatikan intensitas cahaya. Banyak tidaknya cahaya yang masuk sangat mempengaruhi hasil fotomu. Sebelum memotret, pastikan cahaya yang menerangi ibjek tercukupi. Jangan kurang atau malah terlalu banyak cahaya yang masuk.

Saat menggunakan ponsel, hasil foto di luar ruangan cenderung lebih bagus dibanding di dalam ruangan karena ahaya di dalam ruangan biasanya kurang. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan flash saat memotret agar cahayanya mencukupi. Namun, perlu diingat, jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi kamu nggak bisa menerangi seluruh objek dalam ruangan menggunakan flash, ya Millens.

Berikan Efek Filter yang Pas dan Sesuai Komposisi

Filter vintage untuk kesan kuno pada foto. (Ongistravel)

Penggunaan filter pada hasil fotomu akan memberikan efek yang lebih sempurna dan keren. Namun, perlu diingat ya, penggunaan filter berlebih justru akan membuat fotomu menjadi buruk. Kamu perlu memperhatikan jenis filter yang sesuai agar kesan foto yang kamu edit bisa tersampaikan. Kendati demikian, penggunaan filter ini bukanlah hal yang wajib. Bisa dibilang hanya sebagai pemanis saja.

Yap, itulah beberapa tips memotret dengan ponsel saat sedang berlibur. Selamat mencoba dan selamat berlibur, Millens! (IB07/E04)