Begini Cara Memilih Keril Terbaik untuk Naik Gunung!

Begini Cara Memilih Keril Terbaik untuk Naik Gunung!
Tas gunung atau keril (istockphoto.com)

Sebelum membeli keril (tas gunung), ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Supaya nggak salah memilih, ketahui dulu apa saja yang harus kamu cek saat membeli benda satu ini.

Inibaru.id – Jika mendaki gunung menjadi hobimu, kamu tentu membutuhkan perlengkapan yang kuat dan awet untuk memudahkanmu di perjalanan. Salah satu perlengkapan yang penting bagi pendaki adalah keril atau tas gunung. Kamu tentu nggak pengin, kan, tasmu tetiba jebol saat sedang mendaki?

Sebelum membeli keril, beberapa hal memang sebaiknya kamu jadikan pertimbangan. Hm, apa saja itu?

  1. Utamakan Memilih Jenama dengan Kualitas yang Bagus

Tas ransel nggak harus mahal, yang penting awet. Yeah, tapi yang awet biasanya mahal, sih! Ha-ha. (rei.com)

Ada harga, tentu ada kualitas. Kalau kamu pengin punya keril yang kuat dan awet, cobalah pilih jenama-jenama yang sudah terkenal memiliki kualitas yang bagus. Dikutip dari Bluetripper.com, sejumlah jenama internasional seperti Opsrey, REI, The North Face, dan Deuter, mungkin bisa kamu pertimbangkan.

Namun, kalau pengin cari keril dengan harga yang lebih bersahabat, kamu bisa menjatuhkan pilihanmu pada beberapa jenama lokal seperti Eiger, Consina, Cozmeed, dan Avtech.

  1. Cek Kapasitas Keril

Pilih keril yang sesuai dengan lama perjalananmu. Jangan berlebihan, ya! (ontheroadpatagonia.com)

Lamanya waktu perjalanan tentu mempengaruhi bawaanmu saat mendaki. Semakin banyak barang yang kamu bawa, semakin besar pula kapasitas tas yang kamu butuhkan.

Nah, untuk menempuh perjalanan selama 1-3 malam, kapasitas tas yang kamu butuhkan umumnya sekitar 35-50 liter. Kalau menempuh perjalanan selama 3-5 malam, kapasitas tas yang kamu adalah 50-80 liter. Di atas lima malam, kapasitas tas yang kamu butuhkan tentu saja di atas 80 liter.

  1. Sesuaikan dengan Postur Tubuh

Jangan memilih tas yang kebesaran atau kekecilan karena bakal memengaruhi kenyamananmu mendaki. (dealnews.com)

Kalau sudah memutuskan merek mana yang hendak kamu pilih, sebaiknya jangan buru-buru membawanya ke kasir. Cobalah dulu keril itu untuk melihat apakah ukurannya sudah sesuai dengan postur tubuhmu, terutama punggungmu.

Tas yang kebesaran atau kekecilan tentu akan mengurangi kenyamananmu menempuh medan di pendakian nanti. Jadi, pastikan tas tersebut memang tercipta untukmu ya, Millens! Ha-ha.

  1. Cek Berat Keril

Tas yang terlalu berat bakal menyulitkanmu di perjalanan. (besttrailbackpacks.com)

Sebelum membeli, perhatikan juga berat keril tersebut. Apakah cukup ringan? Kalau iya dan masuk bujetmu, belilah, karena itu akan sangat memengaruhi kenyamananmu. Oya, untuk yang satu ini, pertimbangkan pula gaya dan tipe pendakian seperti apa yang biasa kamu lakukan.

  1. Pertimbangkan Fitur-Fitur Tambahan pada Keril

 

Pilihlah keril fungsional dengan banyak fitur yang memudahkanmu. (backpackersshop.info)

Apakah kerilmu memiliki frame baja, resleting tambahan, tempat khusus kantong tidur, dan kantong-kantong tambahan? Jika iya, ini tentu akan memudahkan pendakianmu. Terus, cobalah hitung berapa kantong tambahan yang bisa kamu gunakan sebagai wadah perlengkapanmu!

Jangan lupa juga untuk mengecek apakah kerilmu punya resleting pada bagian bawah dan samping. Keril yang memiliki resleting tambahan akan memudahkanmu mengambil barang-barang yang sulit dijangkau dari kantong utama.

Jadi, gimana, sudah siap membeli keril baru? Dari semua pertimbangan itu, sebenarnya yang paling penting adalah ukur kemampuan kocekmu! Ha-ha. (IB15/E03)