Tips Hemat Staycation di Hotel, Anti Kantong Bolong!

Tips Hemat Staycation di Hotel, Anti Kantong Bolong!
Masih pandemi, yuk ntips tips staycation hemat berikut ini. (Freepik)

Bosan di rumah terus tapi nggak bisa pergi jauh? Staycation di hotel atau penginapan terdekat saja! Ini tipsnya biar tetap hemat.

Inibaru.id – Buat kamu yang lagi nggak bisa jalan-jalan jauh selama PPKM berlangsung, nggak ada salahnya kok staycation di hotel. Maklum, sudah banyak orang yang mulai bosan diam di rumah.

Jangan takut malah boros dulu ya. Kalau kamu ikuti tips berikut ini, dompet bisa tetap aman kok selama menginap di hotel.

1. Bandingkan harga hotel

Pada masa susah seperti ini, berhemat itu perlu. Karena itu coba deh cek dulu harga hotel di tiap platform. Meski menawarkan fasilitas yang sama, bisa saja harganya beda. Nah, cari deh yang paling pas di kantongmu, Millens.

2. Pilih paket

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilih dulu paket yang kamu mau berdasarkan kelebihan atau ongkosnya. Kamu bisa mencari paket yang sesuai kebutuhan dan menawarkan harga spesial. Dengan begitu, kamu nggak harus mengeluarkan biaya tambahan lagi deh.

3. Hubungi resepsionis

Hubungi resepsionis untuk tanya promo menarik di hotel. (Freepik via Kompas)
Hubungi resepsionis untuk tanya promo menarik di hotel. (Freepik via Kompas)

Cara ketiga ini mungkin sering dilewatkan. Padahal bisa saja hotel punya promo yang nggak disebutkan pada platform. Jadi, coba deh tanya-tanya ke resepsionis mengenai paket mereka. Siapa tahu harganya lebih murah. Ingat, malu bertanya, sesal di dompet!

4. Pesan hotel biasa tapi menyenangkan

Banyak hotel yang menawarkan pemandangan ataupun suasana lingkungan yang oke punya. Tapi biasanya, hotel seperti ini lumayan mahal. Jadi, kalau kamu sepertinya keberatan, skip saja.

Sesuaikan saja dengan keinginan kamu atau apa yang ingin kamu lakukan selama staycation. Apakah cuma pengin menonton Netflix, berenang, olahraga, atau sekadar berendam di bathtub air hangat. Realistis adalah koentji!

5. Bergabung dengan grup backpacker

Kalau kamu punya hobi bepergian, jangan ragu untuk bergabung dengan grup backpacker di media sosial. Walaupun aslinya kamu lebih suka pergi sendirian, tapi lumayan kan bisa dapat tips dan informasi bermanfaat seputar hotel atau promo liburan?

Mereka juga bakal sering memberi review yang bakal bermanfaat bagimu. Belajar dari pengalaman orang lain itu nggak ada salahnya.

6. Bawalah cemilan dari luar hotel

Bawa snack dari rumah saja atau beli dari toko di luar hotel. (Freepik via Pikiranrakyat)
Bawa snack dari rumah saja atau beli dari toko di luar hotel. (Freepik via Pikiranrakyat)

Biasanya, tagihan yang juga harus kamu pikirkan adalah makanan. Itu karena biaya makanan atau camilan di hotel harganya bisa berlipat-lipat dibanding di luar. Jadi, mending bawa camilan atau makanan dari luar hotel. Dijamin deh, kamu bakal hemat banyak uang.

7. Manfaatkan fasilitas yang ada

Kalau hotel sudah menyediakan kopi, teh, berikut gula dan krimernya, buang jauh-jauh pikiran untuk nongkrong di café hotel cuma buat ngopi cantik. Kalau ada yang mau traktir gimana? Ya sudah, sikat saja. Kan kamu nggak minta.

Jadi, kamu mau staycation di mana nih, Millens? (Det/IB21/E07)