Tips Bermain River Tubing yang Aman-Soleman, Nyaman, dan Seru

Sama seperti olahraga air lainnya, melakukan river tubing juga butuh persiapan. Ini supaya kamu bisa tetap aman-soleman dan nyaman saat melakukannya. Nah, berikut ini ada beberapa tips buat Millens yang ingin menjajal river tubing.

Tips Bermain River Tubing yang Aman-Soleman, Nyaman, dan Seru
River Tubing (hanalle.com)

Inibaru.id – Nggak kalah seru dari rafting atau arung jeram, kini river tubing menjadi salah satu olahraga air yang populer di masyarakat. Jika rafting dilakukan berkelompok, river tubing dilakukan secara individual. Tentu ada keseruan tersendiri ketika kamu melakukan perjalanan di atas ban karet dan melintasi sungai yang arusnya dari tenang hingga arus cepat dan deras.

Nah, melansir jejakmatabackpacker.wordpress.com (28/11/2014) dan andyhardiyanti.com (12/1/2018), berikut ini beberapa tips melakukan river tubing:

1. Jika akan melakukan river tubing berkelompok, berangkatlah bersama-sama ke lokasi wisata dan datanglah lebih awal dari jadwal acara kegiatan.

2. Siapkan juga uang tunai dan KTP atau SIM untuk pembayaran dan sewa perlengkapan tubing. Pasalnya, banyak tempat yang nggak menerima pembayaran secara nontunai.

Baca juga:
Tiga River Tubing Paling Seru di Jawa Tengah
Ayo Jajal Keseruan Tubing di Saluran Irigasi!

3. Tinggalkan semua barang berharga di tempat layanan simpan yang disediakan. Nggak mau kan barang-barang berhargamu ditelan arus sungai yang deras. Tapi jika benar-benar harus membawa barang-barang tersebut, tempatkanlah di dalam wadah tahan air khusus yang dirancang untuk melindungi barang-barang berhargamu.

4. Tak mau kulit menghitam? Pakailah sunblock sebelum ber-tubing. Itu karena kamu akan berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu cukup lama. Kamu juga bisa menggunakan topi dan kacamata hitam untuk berlindung dari keterikan matahari.

5. Pakailah peralatan keselamatan untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan. Ada jaket pelampung, helm, pelindung lutut dan siku. Kamu bisa mendapatkan masalah ketika bergerak di atas sungai. Terutama jika sungainya berarus deras dengan batu-batu besar di sekitarnya. Belum lagi kalau sungainya cukup dalam dan kamu nggak bisa berenang.

6. Pilih alas kaki kaki yang cocok. Pasalnya, dasar sungai bisa ganas dan dapat berbahaya bagi kaki. Kamu bisa memakai sandal gunung, sepatu air atau sepatu tua. Hindari sandal jepit, karena terlalu mudah jatuh dan hilang, kecuali kamu rela untuk nyeker sesudah acara selesai, hehehe….

7. Kenakan pakaian nyaman dan ringan. Ini demi keamanan, kenyamanan dan keseruan selama kegiatan. Kalau perlu gunakan pakaian renang supaya nggak terasa berat ketika basah. Pastikan juga membawa pakaian ganti dan kantong plastik untuk menyimpang barang-barangmu yang basah dalam perjalanan pulang ya.

8. Ikuti intruksi pemandu. Sebelum kegiatan dimulai kamu bakal briefing terlebih dahulu. Kamu bakal dijelaskan bagaimana teknik-teknik saat menghadapi jeram, saat posisi nggak menghadap ke depan, saat tenggelam karena jatuh dari ban dan lainnya. So, pastikan menyimak yang disampaikan pemandu ya.

Baca juga:
Segarkan Pikiranmu di Empat Lokawisata Hit di Kendal
Berakhir Pekanlah di Lima Lokawisata Cilacap Paling Direkomendasikan Ini...

9. Jika memungkinkan bawalah minuman dan makanan ringan sebagai teman perjalanan tubing. Pasalnya kamu bakal merasa lapar dan mudah dehirasi karena berada di bawah sinar matahari. Gunakan wadah yang aman dan bisa mengapung bersama laju ban pelampung. Pikirkan dengan hati-hati pula jenis makanan yang dibawa. Serta tak lupa membawa tas kantong untuk sampahmu. Beneran deh, kamu nggak bakal terlihat keren kalau buang sampah sembarangan di sepanjang sungai.

10. Have fun! Karena main river tubing ini buat seru-seruan dan memacu adrenalin. Tertawa, bercanda, senyum dan bahagia! Jangan mudah panik selama permainan. Nanti yang ada malah tegang sepanjang aliran sungai.

Nah, itu tadi tips aman dan nyaman untuk Sobat Millens yang mau river tubing. So, having fun dan tetap utamakan keselamatan, Oke? (IB05/E02)