Tips Solo Traveling Agar Aman dan Nyaman

Tips Solo Traveling Agar Aman dan Nyaman
Solo Traveling ala perempuan. (hipwee.com)

Mau melakukan solo traveling? Pastikan keamanan dan kenyamanan perjalannmu ya. Berikut beberapa tips agar kamu aman dan nyaman saat solo traveling.

Iniaru.id - Setiap tahun, semakin banyak orang yang tertarik melakukan solo traveling. Berdasarkan data Solo Traveler, pada 2017 pelanggan buletinnya bertambah dari 25.500 dan kini mencapai 35.000. Peningkatan yang cukup tinggi yakni 37 persen.

Hal tesebut menunjukkan cukup banyak orang yang ingin melakukan perjalanan seorang diri. Namun, banyak risiko yang harus ditanggung traveler ketika hendak melakukan solo traveling. Risiko keamanan adalah salah satunya. Kemungkinan buruk seperti tersesat, kecopetan, penipuan, hingga pelecehan seksual sering mengancam para solo traveler.

Agar terhindar dari hal-hal itu, seorang pelancong (traveler) hendaknya mempersipkan perjalanan sebaik mungkin. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan pelancong agar tetap aman dan nyaman saat melakukan perjalanan seorang diri.

  1. Persiapan Mental

Persiapan mental sebelum melakukan solo traveling. (Hipwee.com)

Yap, persiapan mental itu sangat penting. Sebelum berangkat, kamu harus yakin bisa melakukan perjalanan seorang diri. Hal itu sudah diterapkan salah seorang solo traveler Erdidha Putri Pinilih. Dia mengungkapkan persiapan mental sangat penting.

  1. Riset Secara Mendalam

Riset dulu sebelum melangkah. (Habismanis.com)

Sudah yakin mau melakukan solo traveling? Pastikan kamu telah mengulik banyak informasi mengenai tempat-tempat yang akan kamu kunjungi ya, Millens. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, semakin banyak pula daftar tempat-tempat yang bisa kamu jajaki tanpa harus merasa salah.

Riset secara mendalam juga bisa mengatasi rasa gugup ketika kamu hendak melakukan solo traveling, lo. Jangan lupa siapkan itinerary atau rencana perjalanan yang jelas. Kalau sudah punya itinerary, kamu nggak bakal kebingungan bila sampai di kota tujuanmu.

  1. Buat Anggaran Dana

Persiapan dana untuk solo traveling. (Backpackeraddidct.wordpress.com)

Pastikan kamu sudah mempersiapkan anggaran dana secara rinci untuk perjalananmu ya. Jangan lupakan hal-hal kecil yang membutuhkan dana seperti beli masker atau sekadar ke kamar mandi. Catat juga biaya transportasi dan menu makanan selama perjalanan. Pastikan uangmu nggak habis di tengah-tengah perjalanan ya.

  1. Catat Nomor-Nomor Penting

Catat nomor penting. (Vivanews.com)

Selain persiapan mental dan riset secara mendalam, cara yang satu ini juga perlu kamu lakukan sebelum solo traveling. Yap, mencatat nomor-nomor penting, baik itu nomor-nomor penting saat kamu berada di kota tujuan maupun nomor penting dari orang-orang terdekatmu. Nomor tersebut sebagai alternatif bila suatu hal yang buruk terjadi padamu.

  1. Bawa Barang Seperlunya

Persiapkan barang seperlunya. (Womantalk.com)

Saat solo traveling, sebaiknya kamu membawa barang-barang seperlunya bukan membawa barang-barang secukup tasmu. Ingat, kamu pergo seorang diri. Otomatis barang-barang tersebut kamu bawa seorang diri. Jadi, jangan sampai kerepotan membawa barang-barangmu.

Oh iya, kamu sepertinya perlu membawa barang perlindungan diri bila suatu hal yang buruk terjadi padamu. Untuk berjaga-jaga, bawalah pepper spray atau semprotan merica selama perjalanan.

Bagaimana, cukup simpel kan? (Hayyina Hilal/E04)