Tiga Tempat Terbaique Berburu Buku di Kota Yogyakarta

Tiga Tempat <em>Terbaique</em> Berburu Buku di Kota Yogyakarta
Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang ramah buku. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Gerai distributor buku besar yang biasanya ada di pusat kota nggak selalu harus menjadi rujukan tempat kamu membeli buku lo. Di Kota Yogyakarta ada beragam kios buku alternatif dengan ribuan judul yang bisa kamu eksplorasi.

Inibaru.id – Sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta memiliki spot-spot berburu buku yang sayang untuk kamu lewatkan. Letak kios-kios penjual buku itupun nggak akan membuatmu kesasar. Harga yang tertempel dengan kualitas yang sama bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan gerai toko buku besar.

Paling nggak, di pusat Kota Yogyakarta ada tiga tempat paling oke untuk mendapat buku-buku idaman. Mana saja ya?

Shoping Center Area Taman Pintar

Surganya para pecinta buku untuk membeli buku. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Shoping Center berada di Kompleks Plaza Taman Pintar. Memiliki dua lantai dan berada persis di samping kanan Taman Budaya Yogyakarta. Di sini pusatnya buku murah di Yogyakarta, Millens. Kamu dapat menemukan beragam buku dari fiksi dan non-fiksi baik keluaran terbaru maupun lawas, semuanya ada.

Para penjual buku di sini ramah-ramah. Mereka akan menyapa dan menawarkanmu untuk melihat-lihat koleksi mereka. Mereka juga dengan senang hati akan membantu menemukan buku yang kamu cari. Kalau nggak ada di toko mereka, biasanya akan dicarikan ke toko tetangganya, lo.

Toko Buku di Jalan Pangurakan Area Nol KM

Toko buku yang terletak di Jalan Pangurakan menyediakan buku-buku terbaru. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Nggak jauh dari Nol Kilometer Yogyakarta, tepatnya di depan Museum Sonobodoyo menuju Alun-Alun Utara terdapat kios-kios  buku yang berjejer rapi di Jalan Pangurakan. Di area ini buku yang sering dijual lebih pada buku-buku popular, seperti novel-novel hits, best seller, dan keluaran terbaru.

Selain itu juga ada pernak-pernik bagi penggemar K-Pop, seperti poster opa-opa Korea hingga buku-buku remaja lainnya. Harganya standar kok. Masih boleh ditawar lagi. Oke banget kan?

Toko Buku di Jalan Brigjen Katamso dekat Vihara Budha Praba

Di deretan toko buku Jalan Brigjen Katamso memang untung-untungan jika ingin mendapat buku yang kamu inginkan. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Ini adalah deretan toko buku paling berkesan bagi saya selama tinggal di Yogyakarta. Sebab di tempat ini ada satu kios yang ditempati oleh kakek berusia 80-an yang merantau dari Sumatera. Tiap kali saya melihat kakek tersebut, entah kenapa tiba-tiba saya lebih semangat menjalani hidup. Sayang, ketika saya terakhir kali berkunjung ke sana, saya nggak bertemu kakek karena kios buku telah dijaga oleh anaknya.

Harga-harga buku di deretan kios ini pun super miring alias sangat murah. Saya pernah membeli buku second asli berjudul The Kite Runner karya Khaled Husaini yang tebal hanya dengan harga Rp 10 ribu. Meski sangat murah, harus saya katakan koleksi buku-buku di tempat ini lawas-lawas dan jarang ada yang baru. Kamu juga mesti ekstra odal-adul untuk mendapat buku berkualitas yang benar-benar kamu inginkan.

Apakah ketiga tempat hunting buku ini sudah kamu kunjungi, Millens? Kalau belum, buat kamu para pencinta buku fardhu ain deh buat berkunjung. (Isma Swastiningrum/E05)