Tetap Merasa Aman Menginap di Hostel Tipe Dormitory, Mungkinkah?

Tetap Merasa Aman Menginap di Hostel Tipe Dormitory, Mungkinkah?
Hostel tipe dormitory menjadi pilihan tempat menginap yang tepat bagi mereka yang hobi jalan-jalan dengan dana terbatas. (Yahooimages/Gettyimages)

Menginap di hostel tipe dormitory tetap bisa aman dan nyaman, kok. Begini caranya!

Inibaru.id – Bujet terbatas seharusnya nggak membuatmu menghentikan keinginan untuk traveling. Selain traveling baik untuk kesehatan fisik dan mental, saat ini sudah banyak tempat menginap berkelas dengan bujet terbatas, salah satunya di hostel tipe dormitory.

Biasanya, hostel rasa “asrama” ini memang menawarkan harga kamar yang sangat miring, dengan fasilitas umum yang cukup memadai. Namun, laiknya asrama, kamu bakal tidur dengan bunk bed seruangan bersama beberapa orang sekaligus.

Menginap di hostel tipe bangsal ini sejatinya menyenangkan karena kamu bakal lebih mudah berkenalan dengan orang baru. Namun, kamu juga kudu tetap berhati-hati, ya. Biar bagaimanapun, mereka adalah orang asing.

Nah, biar kamu nggak mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan selama menginap di hostel tipe dormitory ini, ada beberapa tips yang bisa kamu persiapkan, nih! Apa saja?

1. Perhatikan review dan testimoni hostel tujuan

Cari tahu terlebih dahulu review atau testimoni hostel yang akan kamu datangi. (Tripsavvy)
Cari tahu terlebih dahulu review atau testimoni hostel yang akan kamu datangi. (Tripsavvy)

Nggak sulit mencari tahu review dan testimoni dari hostel yang pengin kita tuju, bukan? Saat ini, begitu banyak cara untuk mendapatkan penilaian tersebut via internet. Nah, carilah yang penilaiannya paling baik.

Terus, kamu juga perlu mencari informasi apakah pernah ada kejadian nggak menyenangkan seperti pencurian atau pelecehan di tempat itu. Kalau ada, semurah apa pun tempat tersebut, mending nggak kamu ambil deh, karena keamanan tetaplah yang paling utama.

2. Gunakan fasilitas lemari berpengaman

Hostel-hostel modern umumnya menyediakan fasilitas lemari penyimpanan barang-barang pribadi pengunjung, lengkap dengan kunci pengamannya. Maka, gunakanlah fasilitas loker tersebut semaksimal mungkin.

Barang yang nggak begitu penting, letakkan saja di dalam lemari. Oya, jangan lupa mengunci lemari tersebut, bahkan saat kamu cuma mau buang air kecil atau mengambil air minum di luar kamar. Terus, potret barang yang ada di lemari biar kalau ada yang hilang, gampang bikin laporannya.

3. Letakkan barang penting dalam jangkauanmu

Letakkan barang-barangmu di wilayah yang berada dalam jangkauanmu ketimbang diletakkan di loker. (Hostelswales/Gettyimages)
Letakkan barang-barangmu di wilayah yang berada dalam jangkauanmu ketimbang diletakkan di loker. (Hostelswales/Gettyimages)

Saat traveling, kamu harus mengantisipasi kemungkinan terburuk, termasuk jika lemari penyimpananmu dibobol orang. Maka, barang-barang penting seperti dokumen perjalanan, tanda pengenal, tiket, dan uang tunai, sebaiknya tetap berada dalam jangkauanmu alih-alih diletakkan di loker.

Masukkan semua barang itu dalam satu tempat yang antiair dan sebaiknya selalu kamu bawa ke mana pun, termasuk saat mandi atau sarapan.

4. Jangan terlalu mengumbar identitas

Jangan terlalu mengumbar identitas diri dengan orang lain untuk menghindari penyalahgunaan  dan hal negatif lainnya. (Hostelswales/Gettyimages)
Jangan terlalu mengumbar identitas diri dengan orang lain untuk menghindari penyalahgunaan  dan hal negatif lainnya. (Hostelswales/Gettyimages)

Berkenalan dengan orang baru pastinya menyenangkan, apalagi kalau kamu merasa orang yang diajak ngobrol sefrekuensi. Namun, jangan terlalu berlebihan, ya. Jangan terlalu mengumbar identitas dirimu seperti nama terang, pekerjaan alamat lengkap, dan tujuan piknikmu secara spesifik.

Bersikap jujur kepada orang lain tanpa menaruh kecurigaan bukanlah suatu hal yang salah. Sayangnya, informasi-informasi itu juga berpotensi jadi bumerang kalau jatuh ke orang yang salah. So, bercerita yang umum-umum saja dululah!

5. Pakai fasilitas umum seawal mungkin

Hostel tipe dormitory umumnya menggunakan kamar mandi, ruang santai, dan tempat makan bersama. Pemakaiannya pun harus bergantian dan nggak bisa seenaknya. Jadi, berusahalah memakai fasilitas itu seawal mungkin biar nggak ngantre dan berebut dengan orang lain.

Oya, perlu diingat bahwa kamu memakai fasilitas umum. Maka, kamu nggak boleh seenaknya sendiri biar nggak dicap buruk oleh pengunjung lain.

Hostel tipe dormitory mungkin nggak akan menawarkan fasilitas kenyamanan dan keamanan mumpuni seperti hotel bintang lima atau homestay berbanderol jutaan rupiah. Namun, kamu tetap bisa merasa aman dan nyaman kok di tempat-tempat tersebut. Buktikan sendiri, gih! (Idn/IB20/E05)