Tersimpan Rapi di Museum Keris Nusantara, Gaman Pusaka Peninggalan Kerajaan-Kerajaan Jawa

Tersimpan Rapi di Museum Keris Nusantara, Gaman Pusaka Peninggalan Kerajaan-Kerajaan Jawa
Museum Keris Nusantara diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2017 silam. (Travelingyuk)

Sebagai salah satu pusat budaya Jawa, Kota Solo terus berbenah agar menghadirkan wisata edukasi yang lengkap dan nyaman. Di Museum Keris Nusantara, kamu bisa melihat pelbagai bentuk keris dari beberapa kerajaan. Hm, ada apa saja sih di sana?

Inibaru.id – Bukan perkara sulit mencari wisata edukasi yang menarik di Kota Solo, Jawa Tengah. Di kota ini, kamu nggak hanya bisa belajar cara membatik atau membuat wayang. Jika melintasi kawasan Sriwedari, berhentilah di Jalan Bhayangkara Nomor 2. Di sanalah ratusan keris dari pelbagai kerajaan di Jawa Tengah pada masa silam tersimpan.

Sebanyak sekitar 350 keris disimpan di Museum Keris Nusantara. Selain keris, senjata seperti tombak, pedang, dan badik juga disimpan di sana. Senjata-senjata ini didapatkan dari Kerajaan Galuh, Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Singasari, Kerajaan Kediri, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Mataram Islam, Keraton Surakarta, dan Keraton Yogyakarta.

https://myeatandtravelstory.files.wordpress.com/2018/03/cover-museum-keris-1280x853.jpg?w=1280&h=853&crop=1

Keris-keris dari pelbagai kerajaan di Jawa ada di museum ini. (Myeatandtravelstory.blogspot)

Keris sebanyak itu disimpan di empat lantai, Millens. Setiap lantai di bangunan ini ternyata memiliki nama. Di lantai Wedharing Wacana atau lantai pertama, kamu bisa menonton proses pembuatan keris yang ditayangkan di ruang audio visual.

Hal berbeda akan kamu jumpai jika masuk ke Purwaning Wacana atau lantai dua. Di lantai ini, wawasan baru tentang perkembangan keris di era modern akan kamu dapatkan.

Ada apa di lantai tiga dan empat? Di lantai Cipta Adiluhung, kamu akan mempelajari bagaimana menarik keris dari warangka dengan benar.

Nah, jika pengin mengetahui bagaimana sejarah perkembangan teknologi pada masa kerajaan-kerajaan berdiri, naiklah ke lantai empat yang disebut Esthing Lampah. Hm, lengkap kan?

O ya, setiap Senin, Museum Keris Nusantara tutup. Kamu bisa datang ke sana pada Selasa hingga Sabtu. Museum ini biasanya dibuka hingga pukul 15.00 WIB. Khusus untuk hari Minggu, tempat ini hanya dibuka hingga pukul 13.00 WIB. Kamu yang pengin mengajak keluarga ke sana, perhatikan dulu jadwalnya ya.

Selain Museum Keris Nusantara, Kota Solo juga punya museum-museum lain yang nggak kalah unik, lo. Sudah siap menjelajahi kota ini? Yuk, cus berangkat! (IB15/E03)