Lebih Banyak Polusi, Ini Alasan Pantai Nggak Baik Dikunjungi Saat Musim Hujan
Pantai Bwanna di Pulau Sumba, NTT (Twitter/Ngabdul)

Lebih Banyak Polusi, Ini Alasan Pantai Nggak Baik Dikunjungi Saat Musim Hujan

Pantai adalah salah satu tempat wisata yang menjadi idola wisatawan. Namun, mengunjungi pantai saat musim hujan rupanya nggak direkomendasikan karena air laut cenderung lebih keruh dan kaya akan polusi

Inibaru.id – Salah satu tempat wisata yang paling sering didatangi masyarakat adalah pantai. Apalagi Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua sedunia sehingga masyarakat punya banyak pilihan pantai indah yang bisa dikunjungi. Namun, saat musim hujan tiba, pantai rupanya nggak direkomendasikan untuk dikunjungi, Millens.

Pantai biasanya nggak memiliki tempat berteduh yang cukup sehingga risiko kehujanan sangat tinggi. Nggak hanya itu, saat musim hujan, polusi dan bakteri yang ada pada air pantai lebih tinggi. Fakta ini diungkapkan Jon Devine, senior water attorney di Natural Resources Defense Council (NRDC).

“Saat badai besar, tidak semua air hujan diserap oleh tanah. Sebagian dari air ini masuk ke dalam aliran sungai yang penuh dengan sampah bakteri, lemak, minyak, dan lain-lain. Selain itu, tingkat polusi air laut juga akan meningkat sehingga mencemari air laut,” ungkap Devine seperti ditulis Dream.co.id, Jumat (1/4/2016).

Dampak ini bahkan jauh lebih serius jika di sekitar wilayah pantai terdapat pabrik. Kondisi ini bisa kamu temui di kota-kota besar di Indonesia.

“Saat air pantai sudah terkontaminasi limbah dan berbagai polusi, air ini bisa membahayakan kesehatan. Padahal, saat kita bermain-main di pantai, bisa jadi kita menelan air laut atau memiliki luka terbuka yang akhirnya membuat tubuh kita terpapar berbagai macam sumber penyakit. Kita pun akan lebih berisiko terkena flu perut, mata merah, disentri, atau bahkan hepatitis," imbuh Devine.

Namun, bila kamu terlanjur berlibur ke pantai saat musim hujan, Devine menyarankan untuk nggak berenang saat ataupu setelah hujan turun.

“Jangan bermain di pantai atau berenang setelah 24 jam usai hujan sedang atau 72 jam setelah hujan deras,” saran Devine.

Bila kau pengin berlibur saat musim hujan, coret dulu destinasi pantai dalam daftar tujuanmu. Cobalah ganti tujuan wisatamu ke tempat-tempat wisata yang bersifat indoor. Bagaimana? (IB09/E04)