Belajar Beradaptasi, Satu dari Empat Faedah Piknik Keluarga bagi Anak

Belajar Beradaptasi, Satu dari Empat Faedah Piknik Keluarga bagi Anak
Traveling bikin anak menghargai kehangatan keluarga. (parents)

Traveling bersama keluarga memiliki banyak manfaat untuk anak. Selain melatih anak beradaptasi dengan situasi baru, apa lagi ya manfaatnya bagi anak?

Inibaru.id – Traveling bersama anak membutuhkan persiapan yang agak ribet, apalagi jika usia anak masih tergolong balita. Untuk kamu yang sedang pikir-pikir pengin traveling, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Namun, di balik ribetnya persiapan, traveling bareng keluarga rupanya baik untuk anak, selain baik buatmu, tentu saja.

Berikut manfaat-manfaat yang bisa anak dapatkan dengan traveling bersama keluarga.

Belajar Menghadapi Perbedaan

https://img.huffingtonpost.com/asset/58dd6acd1400002a00072779.jpg?ops=scalefit_820_noupscale

Kenalkan anak pada hal-hal baru. (Huffingtonpost)

Jika kamu mengajak anak traveling ke luar provinsi atau luar negeri, secara nggak langsung dia akan belajar bahwa dunia ternyata dipenuhi perbedaan.

Dia akan menemukan orang-orang dengan warna kulit, budaya, hingga lingkungan yang berbeda. Ini juga membuat anak belajar untuk menghargai perbedaan-perbedaan tersebut. Hm, mengasyikkan, bukan?

Beradaptasi

https://cdn3.mycity4kids.com/images/article-images/web/headersV2/img-20181101-5bdaf8ff71588.png

Jelaskan pada anak saat ada kegiatan yang nggak bisa orang tua dan anak lakukan sesuai rencana. (Momspresso)

Rencana traveling yang sudah disusun rapi mungkin saja justru berjalan nggak sesuai harapan. Ini bisa disebabkan pelbagai hal, semisal cuaca buruk atau anggota keluarga mendadak sakit.

Jangan buru-buru memaksakan diri supaya anak tetap bisa berwisata. Minta maaflah dan latih dia untuk beradaptasi dengan situasi sulit ini.

Belajar Bersyukur

https://cdn.travelpulse.com/images/99999999-9999-9999-9999-999999999999/A305DAD6-E51D-C2C3-E5E1-AFC599044E29/630x355.jpeg

Ajari anak bersyukur bahwa traveling bersama keluarga adalah salah satu keberuntungan yang nggak dimiliki semua orang.

Selama melakukan traveling, nggak ada salahnya mengajak anak untuk memperhatikan orang-orang yang dia temui selama perjalanan. Ceritakan bahwa betapa beruntungnya dia bisa melakukan traveling bersama keluarga, sementara seorang pengemis di depannya nggak memiliki uang untuk makan.

Ajari dia untuk berbagi dan bersyukur. Ajari pula anak untuk merasakan gimana naik transportasi umum dengan fasilitas yang minim. Ini bisa melatih empati anak, lo.

Berkenalan dengan Orang Baru

https://singaporemotherhood.com/articles/wp-content/uploads/2017/07/kids-sleeping-on-Japanese-beds-in-hotel-room-feature-image-768x512.jpg

Latih keterampilan sosial anak dengan mengenalkannya pada kerabat atau kenalanmu. (Singaporemotherhood)

Jika kamu memutuskan menggunakan pemandu, ini adalah saat yang tepat untuk melatih keterampilan sosial anak. Latih pula anak untuk menanamkan kepercayaan pada orang baru. Seiring beranjak usia, dia akan paham bahwa kehati-hatian juga diperlukan selama  traveling.

Manfaat-manfaat itu tentu menjadi semacam investasi nggak langsung. Yakin deh, dengan traveling anak justru mendapatkan banyak hal.

Kamu dan pasanganmu sudah siap melakukan traveling dengan anak? Sebelum berangkat, alangkah baiknya kamu juga bikin kesepakatan untuk berbagi peran selama di jalan. (IB15/E03)