Kerap Keliru, Ini Beda Jenis-Jenis Penginapan

Jenis penginapan yang banyak terkadang membuat sebagian orang bingung menentukan pilihan. Supaya nggak bingung, simak perbedaan jenis penginapan berikut yuk!

Kerap Keliru, Ini Beda Jenis-Jenis Penginapan
The St. Regis Bali Resort. (Bali Indonesia)

Inibaru.id - Selama ini, hotel adalah jenis penginapan yang paling banyak dipilih para pelancong. Padahal, ada banyak jenis penginapan lain yang bisa dijadikan pilihan. Setiap jenis penginapan tentu punya spesifikasi yang berbeda-beda pula.

Nah, kamu bisa memilih penginapan yang sesuai dengan bujet dan keinginanmu, Millens. Supaya nggak salah pilih, simak jenis penginapan berikut yuk!

Hotel

Hotel disewakan per kamar. (Booking)

Hotel adalah jenis penginapan yang paling familiar di masyarakat. Jenis ini pula yang menjamur dan banyak dipilih masyarakat untuk menginap. Dengan menginap di hotel, kamu berarti menyewa satu kamar penuh yang dikelola dengan standar pelayanan dan fasilitas tertentu. Selain meyediakan kamar, hotel biasanya juga menyediakan makan pagi hingga pelayanan kamar secara gratis seperti ditulis Travelingyuk.com (27/08/2016).

Bagi kamu yang traveling bersama pasangan atau teman-teman, hotel bisa jadi pilihan tepat buatmu.

Resort

Hasil gambar untuk resort di maldives

Resort di Maladewa. (Hospitality)

Berbeda dengan hotel, resort merupakan penginapan yang rata-rata menyajikan pemandangan alam yang indah dan menyuguhkan nuansa yang rekreatif, misalnya di pinggir pantai atau pegunungan. Setiap resort biasanya dilengkapi dengan berbagai sarana seperti kolam renang, taman bermain, hingga pusat perbelanjaan yang ada di dalamnya. Resort juga terkesan lebih eksklusif.

Bagi kamu yang pengin bulan madu, resort adalah pilihan yang tepat karena terkesan tertutup. Resort juga cocok dipakai untuk liburan dengan banyak orang.

Villa

Hasil gambar untuk villa

Villa yang berlokasi di dekat pantai. (booking)

Villa adalah salah satu penginapan yang harus menyewa keseluruhan bangunannya atau satu rumah. Penginapan itu biasanya ada di dekat lokasi wisata seperti pantai atau pegunungan. Tentu saja harga yang ditawarkan lebih mahal daripada hotel yang hanya disewa sekamar.

Penginapan ini pas jika kamu liburan bersama banyak orang seperti keluarga atau teman.

Hostel

Hostel disewakan per kasur. (Kaskus)

Hostel merupakan sebuah penginapan yang mirip seperti asrama karena dalam satu kamar berisi 6 hingga 8 kasur. Saat menginap di hostel, kamu berarti hanya menyewa satu kasur. Kendati demikian, satu kamar hostel biasanya dilengkapi dengan kamar mandi, lounge, hingga dapur yang dipakai secara bersama.

Para solo traveler biasanya memilih menginap di hostel karena biayanya lebih murah. Kamu yang pengin mendapat teman baru, hostel juga bisa jadi pilihan.

Guest House

Bentuk guest house. (Booking)

Guest House bisa dikatakan versi mini hotel karena fasilitas yang disediakan mirip dengan fasilitas di hotel. Guest House cukup untuk bermalam dan beristirahat layaknya rumah sendiri.

Baik yang menginap seorang diri maupun dengan pasangan, guest house bisa jadi solusi.

Losmen

Bentuk losmen. (Tribunnews)

Losmen merujuk pada penginapan yang biasa-biasa saja tanpa disertai dengan fasilitas mewah seperti AC, TV dan lain sebagainya. Di losmen, biasanya hanya ada peralatan untuk tidur seperti kasur dan lemari. Ukuran losmen juga nggak terlalu besar dan harga yang ditawarkan cukup murah.

Bagi kamu yang punya bujet rendah, losmen cukup untuk sekadar tempat bermalam.

Motel

Hasil gambar untuk motel

Motel diperuntukkan bagi para pengendara. (Shepherd's motel)

Motel atau kependekan dari motor dan hotel adalah penginapan yang ada di antara dua daerah atau perbatasan kota. Bangunan ini dikhususkan untuk pengendara yang kelelahan dan pengin beristirahat. Di Indonesia, motel masih jarang ditemui.

Hayo, kamu sudah coba akomodasi penginapan yang mana aja nih, Millens? (IB24/E04)