Ternyata, di Negara-Negara Ini Ada Kampung Indonesia, Lo

Ternyata, di Negara-Negara Ini Ada Kampung Indonesia, Lo
Festival Kampung Indonesia di Swedia tahun 2019. (Kemlu.go.id)

Nggak hanya kawasan Pecinan yang bisa ditemukan di berbagai negara. Ternyata, ada banyak Kampung Indonesia di negara-negara asing, lo. Di mana sajakah kampung-kampung ini?

Inibaru.id - Kalau kamu sedang berada di luar negeri, tentu akan sangat senang jika menemukan hal-hal yang terkait dengan Tanah Air. Apalagi jika sampai menemukan Kampung Indonesia. Tunggu dulu, nggak salah nih? Ternyata, ada beberapa Kampung Indonesia yang ada di negara lain, lo.

Di kampung ini, kamu bisa sekadar menyapa saudara sesama orang Indonesia atau bisa juga bernostalgia mengingat kampung halaman. Yuk intip di negara mana saja sih Kampung Indonesia ini?

1. Kampung Surabaya di Amerika Serikat

Kunjungan Walikota Surabaya, Tri Rismaharani, di Kampung Surabaya. (Detik)
Kunjungan Walikota Surabaya, Tri Rismaharani, di Kampung Surabaya. (Detik)

Seperti namanya, kampung ini didominasi oleh warga yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Terciptanya kampung ini karena dulu pada tahun 1998 banyak warga Surabaya yang merantau ke Amerika Serikat untuk mencari pekerjaan.

Oh ya, kampung ini berada di Kota Philadelphia, negara bagian Pennsylvania. Di dalam kampung ini, kamu bakal menemukan setidaknya 15 restoran milik warga Indonesia yang menyajikan kuliner khas Tanah Air.

FYI, pada 2017 lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pernah mengunjungi kampung ini, lo. Dalam kunjungannya, dia mencoba mesin penyapu jalan yang telah disumbangkan oleh warga Surabaya untuk kebersihan kampung.

2. Kampung Chow Kit Indonesia di Malaysia

Suasana di pasar tradisional Chow Kit. (Amlakkarimnejad.mihanblog)
Suasana di pasar tradisional Chow Kit. (Amlakkarimnejad.mihanblog)

Nama kampung ini memang nggak begitu khas Indonesia karena diambil dari seorang pengusaha bernama Loke Chow Kit. Hanya, Chow Kit ini ternyata berasal dari Indonesia.

Di kampung ini, kamu bakal merasakan suasana yang kental dengan budaya Indonesia, terutama Jawa. Lantunan musik dangdut sering terdengar di sini. Selain itu, keramaian pasarnya juga mirip dengan pasar tradisional di Jawa. Selain bisa menemukan barang-barang khas Indonesia, di sini kita juga bisa melakukan transaksi dengan Bahasa Jawa, lo!

Nggak perlu khawatir kalau perut kamu keroncongan di sini. Ada banyak restoran khas Indonesia di Kampung Chow Kit yang bisa memanjakan perutmu.

3. Kampung Jawa di Thailand

Masjid Jawa di Kampung Jawa, Thailand. (Rappler)
Masjid Jawa di Kampung Jawa, Thailand. (Rappler)

Kampung Jawa ini merupakan kampung yang diberikan dan disahkan oleh Kerajaan Thailand pada tahun 1986. Lokasinya berada di Bangkok. Kalau kamu mengunjungi kampung ini, bakal menemukan sebuah masjid bernama Masjid Jawa.

Meskipun bernama Kampung Jawa, masyarakat di sini sudah sangat jarang berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa atau Bahasa Indonesia. Kebanyakan sudah berinteraksi dengan Bahasa Thailand.

Meski begitu, kamu tetap bisa melihat wajah Indonesia, kok di kampung ini. Tepatnya di sisi kuliner. Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas Jawa seperti nagasari atau nasi kuning!

4. Kampung Indonesia di Ansan, Korea

Hm, ada sate nggak ya di dalam warung ini? He-he (tfamanasek)
Hm, ada sate nggak ya di dalam warung ini? He-he (tfamanasek)

Sebenarnya, di kampung ini nggak hanya banyak warga Indonesia, namun juga dari negara Asia Tenggara Lainnya. Hanya, karena mayoritasnya memang dari Tanah Air, maka kampung ini lebih dikenal dengan Kampung Indonesia.

Di sini, ada banyak sekali bendera Merah Putih yang dikibarkan. Restoran makanan Indonesia juga sangat mudah untuk ditemui. Dijamin, datang ke Kampung Indonesia di Ansan bisa bikin lapar, deh.

5. Kampung Indonesia di Makkah, Arab Saudi

Suasana di Kampung Indonesia di Arab Saudi. (Kompasiana)
Suasana di Kampung Indonesia di Arab Saudi. (Kompasiana)

Lokasi kampung ini nggak jauh dari Masjiddil Haram. Sebenarnya, kampung ini merupakan sebuah bangunan hotel yang dihuni oleh banyak jamaah dari Indonesia. Hal inilah yang membuatnya dijuluki Kampung Indonesia.

Nggak hanya hotel, toko-toko cendera mata dan restoran yang menjual berbagai macam makanan khas Indonesia juga ada di sini. Menariknya, ada banyak pedagang asli warga Arab Saudi yang fasih berbahasa Indonesia karena sering berinteraksi dengan orang Indonesia di sini.

6. Kampung Bali di Tiongkok

Kampung Bali ini berada di Nansan, China. Kita bisa melihat bangunan khas Pulau Dewata sejak memasuki gerbang utamanya yang  bertulisan "Selamat Datang ke Kampung Bali".

Sesuai namanya, warga yang menetap di kampung ini merupakan orang-orang keturunan asli Bali dan Tiongkok. Berbeda dengan Kampung Jawa di Thailand, masyarakat di Kampung Bali ini masih menggunakan Bahasa Bali sebagai alat komunikasi mereka. Meski begitu, mereka juga terkadang memakai Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin.

Menarik ya, Millens! Kalau pandemi Corona sudah berakhir, boleh nih berkunjung ke kampung-kampung ini. (Pop/MG27/E07)