Ini Lokawisata yang Wajib Masuk Daftar Kunjungmu Kalau ke Banjarnegara

Ini Lokawisata yang Wajib Masuk Daftar Kunjungmu Kalau ke Banjarnegara
Wisata Alam Telaga Dringo di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. (Antara Foto/Anis Efizudin)

Udara di Banjarnegara masih terasa sejuk dan bersih. Tujuan wisatanya juga banyak. Nggak rugi jika pas liburan, kamu datang ke kota ini.

Inibaru .id - Berada di Kota Banjarnegara, kamu nggak akan kebingungan mencari tujuan piknik. Meski di kota yang terkenal dengan dawet ayunya ini nggak memiliki pantai yang indah, kamu bisa menggantinya dengan beragamnya wisata pegunungan di sana, mulai dari air terjun hingga kawah yang manjur untuk mengusir penat.

Kota yang berbatasan dengan Purbalingga ini memang sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi. Jadi, saat ke sana, bersiaplah dengan udara dingin ya, Millens! Terus, bakal ke mana saja kamu jika suatu saat berkunjung ke sana? Berikut adalah wisata di Banjarnegara yang baiknya kamu datangi.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng. (travelingyuk.com)

Kawasan Dataran Tinggi Dieng yang luas itu secara administratif nggak cuma milik Wonosobo. Ya, sebagian wilayahnya berada di Banjarnegara, tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Dari pusat kota, butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Dieng. Nah, sesampai di kawasan Dieng Kulon ada beberapa objek wisata yang menarik untuk kamu kunjungi antara lain Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda dan Telaga Drigo.    

Curug Pitu

Curug Pitu. (ksmtour.com)

Eksotis, indah, dan mengagumkan adalah kesan yang mungkin kamu rasa kala datang ke Curug Pitu. Dalam Bahasa Indonesia, Curug Pitu berarti “air terjun tujuh”. Memang seperti namanya, di sana terdapat tujuh air terjun yang berjenjang-jenjang. Di bawahnya, kamu bisa menikmati dinginnya air sambil berenang-renang ria.

Rafting di Sungai Serayu

Rafting di Sungai Serayu. (thepikas.com)

Sungai Serayu melewati lima kabupaten di Jawa Tengah yakni Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap. Jalur berarung jeram di Banjarnegara panjangnya sekitar 14-26 kilometer dengan tingkat kesulitan grade III-IV. Untuk menyelesaikan jalur ini, senggaknya kamu membutuhkan waktu 2,5-5 jam.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas. (Instagram.com/serulingmas_zoo)

Nah, untuk piknik keluarga, nggak salah jika kamu datang ke Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) atau yang juga dikenal dengan kebun binatang Selamanik. TRMS terletak nggak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Selamanik, sekitar satu kilometer dari pusat kota.

Itu dia tempat-tempat yang menarik di Banjarnegara. Rasanya pengin datang ke sana kan, Millens? (IB20/E03)