Tanalum, Desa Wisata Unggulan di Purbalingga

Tanalum sebagai salah satu desa wisata di Purbalingga menjadi magnet bagi para pecinta air terjun. Pesona desa ini pernah meraih penghargaan sebagai Juara Harapan I Festival Desa Wisata Jawa Tengah, lo. Yuk lihat cerita lengkapnya!

Tanalum, Desa Wisata Unggulan di Purbalingga
Perwakilan Desa Tanalum dalam Festival Desa Wisata Jawa Tengah (timesindonesia.co.id)

Inibaru.id – Purbalingga merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyuguhkan pesona alam sebagai daya tarik wisatanya. Beberapa tahun ini Purbalingga gencar melakukan promosi desa wisata. Salah satu yang menarik perhatian ialah Desa Wisata Tanalum yang berada di Kecamatan Rembang.

Melansir suaramerdeka.com (26/04/2018), Kabupaten Purbalingga menjadikan Tanalum sebagai desa wisata pilihan untuk dipromosikan pada acara Jawa Tengah Travel Mart (JTTM) 2018 pada 24-26 April 2018.

Tanalum yang sudah terkenal dengan air terjun atau curug yang menawan menyuguhkan aktivitas wisata unggulan berupa river tubing. Para peserta JTTM 2018 diajak menyusuri jeram-jeram sungai yang berhulu di Curug Karang ini menggunakan ban karet.

Setelah letih menyusuri sungai, perut pasti mulai keroncongan, kan? Para peserta JTTM 2018 kemudian dijamu dengan makanan khas desa seperti ubi rebus, jagung manis rebus, pisang goreng, dan air kelapa yang langsung dipetik dari pohonnya.

Pesona Curug Nagasari (jalanwisata.id)

Selain Curug Karang, ada beberapa curug yang nggak kalah memesona, lo. Seperti yang ditulis pada laman limakaki.com, kamu bisa menjelajahi Curug Nagasari, Curug Aul, Curug Panyatan, Curug Telu, dan masih banyak lagi. Curug Nagasari merupakan curug tertinggi di Tanalum dengan ketinggian mencapai 75 meter.

Selain Curug Nagasari yang begitu fantastis, ada Curug Aul yang menjadi tempat favorit untuk melakukan olahraga ekstrem canyoning. Dalam olahraga ini para atlet canyoning akan melakukan rappelling atau menuruni tebing dengan sensasi guyuran air terjun Curug Aul. Wah, seru banget ya.

Canyoning di Curug Aul (satelitpost.com)

Dengan pesona alam yang nggak ada habisnya, Desa Tanalum meraih Juara Harapan I pada Festival Desa Wisata Jawa Tengah, lo. Festival ini diikuti oleh Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah pada Juli 2017 silam.

Mengutip timesindonesia.co.id (25/07/2017), Tanalum melakukan promosi desa wisata dari berbagai sektor antara lain kesenian, produk lokal, dan paket wisata alam seperti rappelling, canyoning, outbond, trekking, camping ground, dan river tubing.

Wah, banyak banget ya kegiatan alam yang dapat kita lakukan di desa wisata ini. Yuk, langsung aja datang ke Purbalingga untuk menjelajah desa yang satu ini.

Eits, tapi kalau kamu mau melakukan kegiatan di sini jangan lupa izin ke pengelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat ya. (IB13/E02)