Taman Sidandang, Pemandian Nan Asyik di Purworejo

Taman Sidandang, Pemandian Nan Asyik di Purworejo
Taman Sidandang. (sumber.com)

Pegunungan Menoreh menyimpan beberapa objek wisata alam yang cantik dan menantang. Salah satu objek wisata yang patut kamu coba adalah Taman Sidandang. Seperti apa serunya berwisata di sana? Cari tahu dulu, yuk!

Inibaru.id – Berlokasi di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Taman Sidandang bisa kamu capai dengan waktu sekitar satu jam dari Kota Yogyakarta. Ini berarti sekitar 35 kilometer. Sebelum tiba di taman ini, kamu akan melewati jalanan yang berliku dan agak menanjak. Jadi, pastikan kendaraanmu dalam keadaan yang baik, ya.

https://1.bp.blogspot.com/-9HZpPF7d7iE/Vx4gs1WfvyI/AAAAAAAAAzU/Spb89wdjIqs8jYrj-ITrCOVjpQro-haWQCLcB/s1600/DSC_2382.JPG

Papan petunjuk Taman Sidandang. (Iramakotapurworejo.blogspot.com)

Di pintu masuk, gemuruh aliran air akan terdengar jelas di telingamu. O ya, untuk menikmati keindahan Taman Sidandang, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Memasuki taman, sebuah patung penanak nasi tradisional atau dandang akan menyambutmu. Di sana kamu juga akan menjumpai kolam alami. O ya, kedalaman kolam ini sekitar tujuh meter. Kalau kamu takut berenang tanpa pengaman, kamu bisa menyewa pelampung, kok.

Kalau pengin melakukan aktivitas yang lebih menantang, dakilah air terjun menggunakan tali atau susurilah sungai. Tapi ingat, jangan melakukannya sendirian, ya. Pengelola taman ini sudah menyediakan pemandu supaya acara bertualangmu lebih aman.

Puas bermain, kamu bisa mengisi ulang tenagamu dengan bersantap di warung makan yang tersedia di sana. Kalau kamu membawa bekal sendiri, pastikan bawa kembali sampah yang kamu hasilkan supaya keasrian taman ini tetap terjaga. Yang nggak kalah penting, jangan lupa bawa baju ganti ya. Ha-ha. (IB15/E05)