BerandaAdventurial
Selasa, 8 Nov 2022 14:00

Talang Londo, Peninggalan Belanda yang Masih Berfungsi di Magelang

Talang Londo, Peninggalan Belanda yang Masih Berfungsi di Magelang

Talang Londo yang ada di Kecamatan Secang, Magelang. (Radar Jogja/Naila Nihayah)

Talang Londo adalah bagian dari saluran irigasi peninggalan Belanda yang masih berfungsi di Magelang sampai sekarang. Kini, bangunan ini menjadi tempat wisata.

Inibaru.id – Magelang lebih dari sekadar Candi Borobudur. Nyatanya, kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini memiliki banyak spot-spot menarik yang kaya akan nilai sejarah. Salah satunya adalah Talang Londo yang merupakan peninggalan Belanda.

Lokasi Talang Londo ada di Dusun Kaligaleh, Kalijoso, Kecamatan Secang. Bangunan ini sebenarnya adalah bagian dari saluran irigasi Kali Manggis yang dibangun pemerintah kolonial. Air dari saluran yang dibangun pada 1880-an ini kabarnya bisa menyediakan pasokan air di Kota dan Kabupaten Magelang.

Yang menarik dari saluran irigasi dengan panjang sekitar 20 kilometer ini adalah nggak melulu sejajar dengan tanah. Terkadang, salurannya lebih tinggi dari tanah, di atas jalan, bahkan melintang di atas sungai lainnya. Meski usianya sudah lebih dari ratusan tahun, saluran irigasi ini masih kokoh bertahan hingga sekarang.

“Kali Manggis itu hulunya dari Bendung Badran yang ada di wilayah Bengkal, Kranggan, Kabupaten Temanggung. Dulu, saluran irigasi ini dibangun pemerintah Belanda pada 1880-an untuk mengaliri pertanian di Temanggung, Kota Magelang, dan Kabupaten Magelang,” ungkap salah seorang anggota Komunitas Kota Toea Magelang Bagus Priyana sebagaimana dilansir dari Detik, Minggu (28/2/2021).

Omong-omong, Talang Londo sebenarnya adalah bangunan di mana saluran irigasi melintang di atas sungai kecil di bawahnya. Total, masih ada 4 Talang Londo di saluran irigasi Kali Manggis yang masih berfungsi sampai sekarang.

“Talang Londo di Secang ini termasuk pendek karena panjangnya hanya sekitar 25-30 meter. Yang di Badran, Temanggung, panjangnya sampai lebih dari 100 meter,” jelas Bagus.

Menjadi Tempat Wisata

Kamu bisa menyusuri Kali Manggis dengan memakai perahu kano. (Beritamagelang)
Kamu bisa menyusuri Kali Manggis dengan memakai perahu kano. (Beritamagelang)

Sebelum ramai oleh wisatawan, tempat ini dulu sering jadi tujuan para pesepeda yang menghabiskan akhir pekan. Lalu semenjak 2020, warga dan pemerintah daerah setempat menjadikan Talang Londo di Secang sebagai tempat wisata. Bahkan, sejak akhir 2020, pengunjung bisa naik perahu kano untuk menyusuri Kali Manggis.

“Sampai saat ini, kami masih berpikir mau melakukan pengembangan apa lagi untuk mendukung wisata di sini,” ucap salah seorang pengelola Talang Londo, Prastiyo, sebagaimana dinukil dari Radar Jogja, Minggu (6/8/2022).

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Talang Londo, siapkan uang Rp5 ribu untuk membayar tiket masuk per orang, ya Millens! Kalau pengin naik perahu kano, siapkan juga uang dengan jumlah yang sama. O ya, kano ini bisa memuat enam orang dewasa.

Talang Londo bisa kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.30 WIB. Biasanya sih, tempat ini mulai ramai pada akhir pekan sejak pukul 10.00 WIB. Jangan lupa siapkan kameramu ya, Millens! Soalnya, bangunan peninggalan Belanda ini sangat cantik! (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved