Svargabumi, Surga di Tengah Sawah yang Padukan Wisata dan Ketahanan Pangan

Svargabumi, Surga di Tengah Sawah yang Padukan Wisata dan Ketahanan Pangan
Svargabumi, wisata tengah sawah. (Semarangpos.com)

Svargabumi yang terletak nggak jauh dari Candi Borobudur kini menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Magelang. Di balik ketenarannya, Svargabumi adalah contoh ekonomi kreatif yang memadukan ketahanan pangan dan wisata.

Inibaru.id – Desa Borobudur kembali pikat wisatawan dengan destinasi baru berjuluk Svargabumi. Nggak seperti wisata biasanya, tempat wisata satu ini terletak di tengah sawah yang berlokasi di Dusun Gopalan dan Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Di sini wisatawan bakal disuguhi berbagai spot swafoto yang terletak di tengah area persawahan dengan pemandangan Pegunungan Menoreh serta Candi Borobudur. Ada sekitar 20 hingga 22 spot di lokasi dengan luas 3 hektare tersebut, Millens!

Meski baru dibuka pada awal Agustus, Svargabumi Borobudur ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Rata-rata wisatawan datang karena kepincut dengan keindahan Svargabumi  yang mereka ketahui dari media sosial.

Salah satu spot selfie si Svargabumi. (IDN Times)
Salah satu spot selfie si Svargabumi. (IDN Times)

Adanya wisata bak surga di tengah sawah ini ternyata menyimpan cerita lo. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungannya ke Svargabumi. Menurut Ganjar, para pemilik sawah sangat diuntungkan karena per 1 hektare sawah disewa seharga Rp 80 juta per tahun.

“Penggarap sawah tetap diperbolehkan menggarap sawahnya dan mendapatkan seluruh hasil padinya semua alias cuma-cuma (tidak ada bagi hasil dengan pemilik lahan, karena sudah disewa oleh investor),” papar Ganjar.

Selain itu, para buruh tani tetap bisa bekerja dengan sistem lepas atau harian. Untuk diketahui, sawah di lokasi tersebut sudah disewa selama 10 tahun dengan total 20 hektare.

“Ini contoh kasus yang menguntungkan bagi petani dan investor tentunya. OK gak? Siapa pernah ke sini,” ungkap Ganjar lewat unggahan Instagram-nya.

Bersantai di tengah sawah? Kenapa tidak? (Tribun Travel)
Bersantai di tengah sawah? Kenapa tidak? (Tribun Travel)

Putranto Cahyanto, salah satu owner Svargabumi mengaku bahwa Ganjar memberikan respon positif pada kunjungannya pada Minggu (30/8) lalu.

“Beliau menyoroti mengenai ekonomi kemasyarakatan dengan petani, kerja samanya bagaimana, istilah kita tidak hanya melulu memikirkan bisnis. Ada hal-hal mengenai masyarakat, ditambah dengan ekonomi kreatif, kita memadukan ketahanan pangan dan pariwisata,” ungkapnya.

Untuk masuk ke lokasi dengan dominasi ornamen berwarna putih ini, kamu bakal dikenakan tiket masuk seharga Rp 25 ribu, Millens! Gimana, Tertarik datang ke sana? Jangan lupa siapkan kamera dan kostum yang cocok ya! (Det/IB27/E05)