Dimuntahkan dari Mulut Gua, Curug Sawangan Langsung Mengalir Menuju Pantai

Dimuntahkan dari Mulut Gua, Curug Sawangan Langsung Mengalir Menuju Pantai
Curug Sawangan. (Wikimedia)

Gua yang indah di atasnya dan pantai yang elok di bawahnya menjadikan Curug Sawangan tampak menawan di tengah trio "Wisata Sawangan" itu. Seberapa menarik?

Inibaru.id – Gua, air terjun, dan pantai, menjadi tiga unsur lokawisata yang ditawarkan Kabupaten Kebumen. Namun, kalau kamu pengin mendapatkan ketiganya dalam satu lokasi, berkunjunglah ke Curug Sawangan yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Berbeda dengan kebanyakan air terjun yang berada di pegunungan, curug setinggi 50 meter ini hanya berjarak sekitar 150 meter dari bibir pantai selatan Kebumen. Dari kejauhan, curug tersebut tampak seperti air yang dimuntahkan dari mulut gua.

Curug Sawangan memang bersumber dari sungai bawah tanah di dalam Goa Surupan. Debit air terjun ini cukup stabil dan nggak pernah mengering, meski kadang berkurang airnya pada musim kemarau.

Air terjun ini berada di aliran Sungai Jemenar yang berhulu di Bukit Gadung. Setelah melintasi sejumlah dusun, aliran sungai tersebut masuk melalui ponor yang banyak terdapat di bukit karst, lalu menjadi sungai bawah tanah.

Curug Sawangan. (Twitter/lintaskebumen)

Berada di kawasan Resor Pamangkuan Hutan (RPH) Tebo, BKPH Gombong Selatan, lokasi sekitar curug ini juga menyajikan panorama hijaunya pepohonan nan lebat. Jadi, selain menikmati indahnya air terjun, paru-parumu pun akan dipenugi oksigen yang bersih.

Curug Sawangan menarik dikunjungi pada sore hari, khususnya menjelang matahari terbenam. Namun, pada siang hari, kalau beruntung kamu juga bisa menyaksikan pelangi yang sering terlihat di sana. Yap, warga setempat memang menjulukinya Air Terjun Pelangi karena seringnya fenomena alam itu muncul.

Selain menikmati keindahan air terjun, di sana kamu juga bisa sekalian ke Pantai Nogosari, Bukit Nogosari, Goa Siwowo, dan Goa Karangduwur. Namun, karena fasilitas di lokawisata tersebut belum cukup lengkap, ada baiknya kamu bawa makanan sendiri.

Ayo persiapkan jadwal untuk berkunjung ke sana, Millens! (IB15/E03)