Mengenal Lebih Dekat Sungai dan Tata Air di Solo lewat Papan Kawruh
Papan Kawruh Tirta Solo. (Antara Foto)

Mengenal Lebih Dekat Sungai dan Tata Air di Solo lewat Papan Kawruh

Kendati hidup berdampingan dengan sungai, pengetahuan yang minim tentang tata air justru kerap menjadikan sungai sebagai sumber bencana. Nah, inilah alasan kenapa ada Papan Kawruh Tirta di Solo. Apa fungsinya?

Inibaru.id – Papan Kawruh Tirta! Jika kamu termasuk orang yang suka nongkrong di bantaran Kali Pepe, nama itu mungkin nggak asing terdengar. Yap, sebagai salah satu ruang terbuka di Kota Solo, bantaran Kali Pepe memang menjadi tempat warga bercengkerama.

Sebelum dibangun menjadi kawasan yang teratur, bantaran ini dulunya merupakan kawasan yang kumuh. Nggak sekadar jadi tempat berkumpul, kini pengelola juga mendirikan wisata edukasi di kawasan ini, yaitu Papan Kawruh Tirta.

Papan Kawruh Tirta berada di Jalan Ahmad Yani, tepat di utara Terminal Tirtonadi. Tempat ini sebenarnya nggak sepenuhnya menjadi wisata edukasi, tapi kamu bisa masuk ke sana dengan menjelaskan maksud kedatanganmu. Sesampai di sana, petugas akan memberi informasi terkait air dan drainase Kota Solo.

Papan Kawruh Tirta. (Surakarta)

Nggak sekadar menjelaskan tentang tata air, kamu bisa bekerja sama dengan petugas untuk menggelar pelbagai acara seperti seminar, diskusi, atau pameran.

Di sana, petugas juga akan menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan warga untuk berkontribusi menjaga kebersihan sungai.

Eh, selama di sana, kamu akan mendengar lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang dilantunkan lewat pelantang suara. Hm, serasa hidup di zaman muda orang tuamu, nih! Ha-ha.

Peresmian Papan Kawruh Tirta. (Surakarta)

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Sebelum ke sana, buatlah janji lebih dulu dengan petugas. Supaya belajarmu makin seru, ajak beberapa teman juga ya! Yuk, berwisata ke Solo dan kunjungi tempat ini! (IB15/E03)