Stasiun Alastua Semarang, Tempat Pemberhentian Kereta Tertua dan Masih Beroperasi di Indonesia

Stasiun Alastua Semarang, Tempat Pemberhentian Kereta Tertua dan Masih Beroperasi di Indonesia
Stasiun Alastua hingga kini masih beroperasi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Setelah Stasiun Samarang (Tambaksari) lenyap, predikat stasiun tertua di Indonesia dialamatkan pada Stasiun Alastua.

Inibaru.id - Kadang, niat baik nggak selalu disambut baik. Itu yang juga terjadi pada saya saat ingin mengambil gambar beberapa sudut stasiun Alastua. Penjaga keamanan keberatan lantaran khawatir gambar bakal disalahgunakan. Padahal saya sudah mengenalkan diri dan menunjukkan ID card. Saya diminta menyurati kepada PT. Kereta Api Indonesia jika mau mengambil gambar. Ah, kelamaan!

Karena insiden ini, kamu mungkin kecewa lantaran nggak bisa melihat bagian dalam stasiun tertua di Indonesia ini. By the way, saya mengetahui informasi ini ketika sejarawan Kota Semarang Rukardi Achmadi mengunggah tulisan mengenai stasiun Alastua di Facebook dua bulan lalu. 

Dia menulis, setelah stasiun Samarang (Tambaksari) nggak ada lagi, secara nggak langsung predikat sebagai stasiun tertua dan masih beroperasi adalah Stasiun Alastua. Oh, iya, dulu namanya masih “Alastuwa” ya.

Stasiun Alastua ini dibangun karena adanya pembangunan jalur kereta api pertama di Hindia Belanda yang dibangun oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Jalur yang dibuat pada 1867 tersebut membentang di sepanjang Semarang-Tanggung. Jaraknya sejauh 25 kilometer.

Stasiun Alastua, tampak dari atas Jembatan Bangetayu. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Stasiun Alastua, tampak dari atas Jembatan Bangetayu. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kala itu terdapat 3 stasiun selain Alastua, yakni Stasiun Samarang, Stasiun Brumbung dan Stasiun Tanggung.

Jalur Semarang-Tanggung tersebut merupakan bagian dari proyek besar NIS yang membuat jalur kereta api untuk menghubungkan Semarang-Vorstenladen. Bagi Hindia Belanda, Vorstenladen adalah sebutan untuk daerah-daerah pecahan Kerajaan Mataram, yakni Kasultanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Kadipaten Mangkunegaran, dan Kadipaten Mangkualaman.

Menurut SitusBudaya.id, peron Stasiun Alastua berbentuk pulau. Memiliki 6 jalur dengan jalur 3 dan 4 menuju ke timur yakni Stasiun Brumbung dan barat menuju Stasiun Tawang. Untuk jalur 1, 2, 5, 6 digunakan untuk persilangan dan parkir kereta api. Bangunan Stasiun Alastua ini tergolong ke dalam kelas 3/ kecil. Jadi pantas saja luasnya nggak terlalu besar.

Nah, kemudian untuk saat ini Stasiun Alastua melayani rute Semarang-Ngromboh. Jadi kalau kamu mau ke Puwodadi bisa naik kereta dari sini. Lokasinya berada di Jalan Bangetayu Wetan, Tlogomulyo, Kota Semarang. Aksesnya cukup mudah kok, kalau kamu melintas di Jembatan Bangetayu pasti akan melihat stasiun ini di bawahnya.

Ternyata stasiun tertua bukan Poncol atau Tawang yang selama ini sudah begitu ikonik bagi Kota Semarang ya, Millens. Tapi Stasiun Alastua. (Audrian F/E05)