Spot-Spot Foto Ciamik Tamansari yang Menunggu Kamu Sambangi

Spot-Spot Foto Ciamik Tamansari yang Menunggu Kamu Sambangi
Pengunjung tengah berfoto di salah satu spot Tamansari. (Inibaru.id/ Audrian F)

Nggak cuma sarat akan nilai sejarah, bangunan-bangunan di Tamansari juga sangat mendukung untuk mengabadikan diri.

Inibaru.id - Objek wisata Tamansari merupakan situs peninggalan kasultanan Yogyakarta. Pada Selasa (17/12) pagi, saya mencoba mengunjunginya langsung. Selain sarat memiliki nilai sejarah, Tamansari juga banyak memiliki sudut atau sektor yang Instagenik banget buat spot mengabadikan diri.

Lokasi situs Tamansari meskipun berada di satu area tapi, untuk mencapainya harus melewati jalan yang berkelok dan naik-turun tangga. Akibatnya, orang jadi sering melewatkan spot unik. Nah, karena kemarin saya sudah blusukan di tiap jengkalnya, saya akan beritahu spot mana saja yang keren.

Pasiraman Umbul Binangun

Umbul Binangun merupakan tempat pemandian keluarga raja. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Umbul Binangun merupakan tempat pemandian keluarga raja. (Inibaru.id/ Audrian F)

Tempat ini merupakan kolam pemandian. Meskipun sudah berusia tua, namun airnya masih tampak jernih dan biru. Lokasinya pun bisa terlihat karena dekat dengan gerbang masuk. Kolam tersebut dibagi menjadi 3 yakni Umbul Kawitan (Kolam untuk putri raja), Umbul Pamuncar (Kolam untuk para selir) dan Umbul Panguras (Kolam untuk Raja).

Kamu bisa mengambil foto dengan duduk di pinggir kolam tersebut. Jernih air yang ada akan memantulkan bayang-bayangmu. Eits, namun tetap perhatikan kesopanan agar bisa bergantian dengan orang lain dan yang pasti, jaga lingkungan ya. Situs ini benar-benar dirawat secara serius jadi jangan buang sampah ke kolam.

Lorong-lorong

Dari satu bangunan ke bangunan lainnya, Tamansari dhubungkan oleh lorong-lorong bawah tanah. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Dari satu bangunan ke bangunan lainnya, Tamansari dhubungkan oleh lorong-lorong bawah tanah. (Inibaru.id/ Audrian F)

Setiap kamu akan menuju ke salah satu situs, pasti akan melewati sebuah lorong. Nah, di lorong tersebut cukup bagus buat mengabadikan diri. Sepanjang lorong cahayanya memang nggak terlalu terang. Namun akan ada bagian yang mendapat cahaya dari atap. Di area itulah kamu bisa mengambil foto.

Sumur Gumuling

Sumur Gumuling menjadi tempat paling favorit untuk berfoto. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Sumur Gumuling menjadi tempat paling favorit untuk berfoto. (Inibaru.id/ Audrian F)

Tempat ini merupakan area yang paling laris digunakan orang-orang untuk berfoto-foto ria. Sebab tempatnya memang sangat estetik. Jangan kaget jika kamu melihat banyak orang yang memegang kamera. Foto akan bagus jika kamu mengambil dari ruang-ruang yang berada di atasnya.

Oh, iya, Sumur Gumuling saat tempat ini masih dipakai merupakan tempat ibadah. Terdapat semacam mihrab atau tempat pengimaman. Bangunannya berbentuk bulat atau lingkaran berlantai dua.

Pulo Kenanga

Pulo Kenanga merupakan bangunan paling tinggi di antara lainnya. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Pulo Kenanga merupakan bangunan paling tinggi di antara lainnya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Ini adalah bangunan yang tertinggi dan terakhir di Tamansari. Ukurannya cukup luas. Lalu pada setiap sisinya sangat cocok dijadikan latar fotomu. Ditambah lagi ada sejenis reruntuhan yang menampakan batu-bata sehingga terkesan unik.

Dulunya bangunan ini digunakan sebagai peristirahatan dan berbagai kegiatan seni seperti membatik dan menari. Kalau kamu naik ke atasnya kamu bisa melihat bangunan-bangunan yang ada di Tamansari. Oh, iya, nama “Kenanga” diambil karena banyaknya bunga kenanga di sekitar gedung tersebut.

Jadi itulah gedung yang menjadi ikon di Tamansari dan sekaligus cukup hits buat spot foto-foto. Ambil foto sebanyak-banyaknya kalau kamu berkunjung ke sini ya, Millens. Dijamin nggak bakal kecewa. (Audrian F/E05)