Menikmati Spot-Spot Asyik di Kota Lama Semarang

Agar layak menjadi salah satu situs warisan dunia, Pemerintah Kota Semarang terus membenahi kawasan Kota Lama. Kini, setelah pemugaran di pelbagai titik, kawasan tersebut kian cantik dengan penampilannya yang klasik. Apa saja spot menariknya?

Menikmati Spot-Spot Asyik di Kota Lama Semarang
Nongkrong di kafe-kafe klasik bisa kamu lakukan selama berkeliling Kota Lama Semarang (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang menawarkan pelbagai jenis wisata. Dari wisata kuliner hingga wisata sejarah, semua tersedia di Kota Lunpia ini. Jika kamu pengin melakukan wisata kuliner sekaligus wisata sejarah, Kota Lama adalah salah satu kawasan yang sebaiknya nggak kamu lewatkan.

Di Kota Lama, ada banyak spot menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Banyak hal bisa kamu lakukan di sana, mulai dari berswafoto hingga mengenang mantan, eh, masa lalu, kota bersejarah tersebut. Penasaran? Yuk, kita kenang bareng-bareng. Di mana saja?

  1. Taman Srigunting

https://services.sportourism.id/fileload/taman-sriguntingjpg-5vpF.jpg?q=75

Taman Srigunting selalu ramai pengunjung. (Sporttourism.com)

Di Taman Srigunting, kamu bisa duduk-duduk menikmati beragam jajanan lezat dengan harga yang murah meriah. Nggak hanya siang hari, taman ini juga padat pengunjung pada malam hari. Kelap-kelip lampu yang menempel di pepohonan turut menyemarakkan suasana taman tersebut.

Lantaran dikelilingi bangunan-bangunan tua seperti Gereja Blenduk, Gedung Marba, dan Gedung Spiegel Bistro & Café, nongkrong di sana akan membawamu tenggelam dalam syahdunya Semarang tempo dulu.

  1. Pasar Klitikan

https://asset.kompas.com/data/photo/2016/06/22/0430200IMG-6523780x390.JPG

Salah satu kios di Pasar Klitikan. (Kompas.com)

Mencari majalah lama? Piringan hitam? Uang zaman dulu? Atau kamera polaroid? Jika beruntung, kamu bisa menemukan itu semua di Pasar Klitikan. Jaraknya hanya sepelemparan batu dari Taman Srigunting.

Yap, di sana memang gudangnya barang antik. Kalau ada barang yang membuatmu tertarik, jangan ragu untuk menawarnya, ya. Pedagang di sana ramah-ramah, kok.

  1. Old City 3D Trick Art Museum

Salah satu spot di Old City 3D Trick Art Museum. (travelingmuseum.org)

Mau foto-foto dengan latar yang nggak biasa? Kalau begitu, langsung saja cus ke Old City 3D Trick Art Museum. Di sana, ada banyak dinding yang dihiasi gambar tiga dimensi (3D). Nantinya, hasil fotomu tampak seolah-olah nyata dan bisa berinteraksi langsung dengan kamu. Keren, kan?

  1. Nongkrong di Kafe-Kafe Klasik

Pelataran Tekodeko Koffehuis. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Kalau malas nongkrong di area terbuka, mampirlah ke beberapa kafe klasik di sekitar Kota Lama. Menyesuaikan dengan gaya masa lampau, beberapa kafe yang memang berdiri di bekas bangunan bersejarah bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat itu di antaranya Tekodeko Koffehuis, Spiegel Bar & Bistro, Retro Café, Library Café John Dijkstra, dan MGM Café Gallery.

Semua kafe itu mengusung konsep klasik zaman kolonial Belanda. Beragam menu dengan harga sekitar Rp 8.000 hingga Rp 150 ribu akan menemani nongkrongmu di kafe-kafe tersebut.

  1. Rumah Akar

http://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/gedung-kota-lama_20161211_193753.jpg

Rumah Akar (Tribunnews.com)

Anak gaul Semarang pasti sudah hafal spot foto yang satu ini. Ya, Rumah Akar yang berada tepat di seberang Old City 3D Trick Art Museum ini sering banget dipakai untuk menghiasi media sosial. Spot di sana memang instagenik banget, Millens.

Di tempat tersebut, kamu bakal menjumpai rumah kusam tanpa atap. Di tengah rumah tersebut, ada sebuah pohon yang akarnya menempel di dinding pintu. Nah, akar inilah yang kerap menjadi sasaran foto para pengunjung.

Menyusuri kawasan ini menyenangkan, kan? Jadi, catat di daftar kunjungmu kalau ke Semarang, terutama ke kawasan Kota Lama, ya! Saatnya berakhir pekan! (IB15/E03)