Spot Foto di Candi Joglo Purwodadi yang Harus Kamu Coba!

Spot Foto di Candi Joglo Purwodadi yang Harus Kamu Coba!
Banyak spot instagenik di Candi Joglo yang bisa kamu eksplorasi loh Millens! (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Mau bikin foto keren di Candi Joglo? Jangan lupa eksplorasi empat spot foto dengan tema berbeda-beda ini yuk!

Inibaru.id - Candi Joglo Purwodadi adalah salah satu tempat wisata favorit masyarakat Grobogan,  Millens. Tempat wisata yang terletak di Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan ini dibuka pada 2018 lalu.

Kalau kamu mau berkunjung ke sana aksesnya sangat mudah karena hanya lima menit dari Simpang Lima Purwodadi ke arah Jalan Purwodadi - Solo. Selain menyajikan konsep wisata edukasi kebudayaan Jawa-Bali dan sejarah, Candi Joglo juga memiliki beberapa spot menarik untuk dipakai berfoto lo. Bagi kamu para pemburu foto atau yang masih cari tempat untuk foto pre-wedding, Candi Joglo bisa jadi salah satu pilihannya nih. Yuk simak daftar spot fotonya!

Candi Joglo Semar, Spot Foto Rumah Zadul

Candi Joglo Semar adalah spot favorit pengunjung untuk berfoto. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Candi Joglo Semar adalah spot favorit pengunjung untuk berfoto. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Candi Joglo Semar yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Medhangkamulan ini memiliki sebuah bangunan joglo dari kayu jati yang banyak tumbuh di daerah Grobogan dan bebatuan candi sebagai gapuranya. Perpaduan keduanya menambah khas penampilan candi yang satu ini.

Spot ini kental dengan konsep perpaduan kebudayaan Jawa - Bali dengan kain poleng yang khas dan banyak dipakai orang Bali. Menurut pengelolanya tempat ini jadi spot favorit para pengunjung untuk befoto bahkan pernah dipakai foto pre-wedding. Memang nggak salah sih, kalau foto di bagian gapuranya jadi serasa berada di gerbang rumah zaman dulu!

Candi Karsa yang Keemasan saat Senja

Mau dapat foto siluet bagus,  berfotolah di Candi Karsa saat matahari sedang terbenam! (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Mau dapat foto siluet bagus,  berfotolah di Candi Karsa saat matahari sedang terbenam! (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Selain Candi Joglo Semar, di sebelah baratnya ada Candi Karsa yang letaknya membelakangi matahari. Kalau mau foto di sini lebih pas kalau kamu datang saat matahari terbenam karna candi ini akan tampak keemasan. Lokasinya yang tepat di samping area persawahan membuat pemandangan dari candi ini indah banget.

Kalau kamu naik ke Candi Karsa, pemandangan matahari terbenam akan terlihat jelas. Kamu bisa foto dengan menghadap ke arah mataharinya supaya dapat pencahayaan ciamik saat golden hour. Atau kamu juga bisa jadikan spot satu ini untuk foto siluet dengan memanfaatkan backlight yang ada.

Candi Rasa yang Punya Dua Sisi Pencahayaan

Candi Rasa bisa jadi spot foto menarik. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Candi Rasa bisa jadi spot foto menarik. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Selain di Candi Karsa, kamu juga bisa ambil foto siluet di Candi Rasa nih, Millens. Letaknya ada di sebelah Candi Karsa dan nggak terlalu membelakangi matahari. Jadi, candi ini memiliki dua sisi pencahayaan.

Kalau mau ambil foto siluet, kamu bisa ambil foto dari arah timur candi ini supaya mendapatkan backlight. Tapi kalau kamu nggak mau ambil foto siluet, kamu bisa berfoto dari sisi barat. Kalau fotonya saat matahari sedang terbenam dan kebetulan langit cerah, kamu bisa dapat foto dengan latar belakang langit biru cerah! Oh iya, pelataran candi satu ini luas jadi kamu bisa foto ramai-ramai. He

Mau Foto ala Zaman Old? Di Sini juga Bisa!

Main ke Candi Joglo juga bisa bikin kamu merasakan jadi masyarakat zaman dulu. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Main ke Candi Joglo juga bisa bikin kamu merasakan jadi masyarakat zaman dulu. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Di objek wisata Candi Joglo kamu nggak cuma bisa foto dengan candi dan latar belakang pemandangan, tapi di sini juga punya sudut serba serbi jadul yang pastinya unik. Kamu bisa berfoto ala masyarakat zaman dulu pakai peralatan jadul yang biasa dipakai simbah seperti lesung, pawon, gentong tanah liat, dan masih banyak lagi.

Area samping Candi Joglo Semar ada sepetak dapur tradisional yang bisa kamu pakai foto ala zaman dulu. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Area samping Candi Joglo Semar ada sepetak dapur tradisional yang bisa kamu pakai foto ala zaman dulu. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Nggak cuma itu. Salah satu sudut spot jadul yang letaknya ada di belakang Candi Joglo Semar ini juga memajang televisi kuno lengkap meja kursi yang bisa kamu jadikan tempat foto bertema vintage he.

Itu dia, Millens beberapa spot foto di Candi Joglo yang menyajikan tema berbeda-beda. Tertarik sama yang mana nih? (Julia Dewi Krismayani/E05)