Solo Traveling Aman dengan Pelbagai Persiapan Ini!

Solo Traveling Aman dengan Pelbagai Persiapan Ini!
Hal yang perlu disiapkan sebelum solo traveling. (Shutterstock/Geet Therawat)

Sudah tahun baru nih, saatnya menyiapkan rencana untuk ber-solo traveling. Eits, sebelum pergi, siapkan hal-hal ini demi kesuksesan liburanmu, ya!

Inibaru.id – Tahun sudah berganti, saatnya merencanakan liburan kembali, Millens! Tanggal merah atau mengambil cuti pada hari “terjepit” mungkin bisa kamu manfaatkan untuk traveling. Kalau sulit akur dengan jadwal libur teman atau pasangan, sesekali memilih konsep solo traveling boleh juga, kok!

Waktu dan bujet yang fleksibel serta destinasi wisata yang lebih sesuai keinginan bisa menjadi alasan kenapa kamu perlu ber-solo traveling. Etapi, buat kamu yang masih pemula dalam "me-time" traveling ini, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal-hal ini.

Tentukan Waktu dan Destinasi Wisata

Menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi adalah hal yang penting dilakukan di awal perencanaan <i>solo traveling</i>. (Depositphotos)
Menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi adalah hal yang penting dilakukan di awal perencanaan solo traveling. (Depositphotos)

Mumpung masih awal tahun, kamu bisa leluasa menentukan tanggal liburanmu. Pilihlah waktu liburan yang nggak terlalu singkat tapi jangan kelamaan. Oya, perhatikan pula apakah waktu tersebut berada pada low season atau peak season.

Bedakan antara wisata lokal dan mancanegara, karena ini bakal berpengaruh banget sama bujet dan waktu kunjungmu. Tentukan juga kota dan objek wisata yang pengin kamu kunjungi. Penting: Pastikan kota tujuanmu ramah untuk solo traveler!

Bikin Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan diperlukan saat <i>solo traveling</i>. (Entdeckungsreisen)
Rencana perjalanan diperlukan saat solo traveling. (Entdeckungsreisen)

Bagi sebagian pelancong, rencana perjalanan (itinerary) bukanlah hal penting. Namun, bila kamu baru memulai solo traveling, rencana perjalanan bisa menyelamatkanmu dari jadwal yang amburadul dan ketidakjelasan.

Dalam solo traveling, kamu nggak perlu merencanakan perjalanan yang padat, yang penting berkualitas. So, kamu hanya perlu membuat rencana perjalanan yang santai, benar-benar kamu inginkan, and you can have fun!

Pikirkan Transportasi dan Akomodasi

Traveling menggunakan kereta api untuk sampai ke tempat tujuan. (Instagram/keretaapikita)
Traveling menggunakan kereta api untuk sampai ke tempat tujuan. (Instagram/keretaapikita)

Traveler sejati biasanya mengandalkan transportasi umum saat berwisata. Maka, kamu perlu tahu, kota tujuanmu bisa dicapai naik apa saja. Semakin banyak alternatif, semakin bagus. Ini juga berlaku saat berada di kota tujuan, adakah becak, busway, trem, atau ojol?

Jika waktu sudah ditentukan, segera pesan tiket perjalananmu! Ini juga berlaku untuk penginapan. Karena kamu sendirian, hotel backpacker cukup menarik dicoba. Biar aman, lihatlah ulasan pengunjung terhadap tempat menginapmu.

Maksimalkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi yang ada saat <i>solo traveling</i>. (Theverge/Arkales)
Memanfaatkan teknologi yang ada saat solo traveling. (Theverge/Arkales)

Di era digital, solo traveling bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kamu nggak perlu khawatir nyasar. Unduh aplikasi-aplikasi seperti peta offline, aplikasi ojol, atau aplikasi wisata resmi dari pemeritah setempat.

Terus, jangan lupa mem-back up data diri seperti KTP atau paspor di gawaimu. Jaga-jaga saja, barangkali dompet atau paspormu hilang.

Cari Informasi tentang Kebudayaan Lokal

Cari info kebudayaan lokal sebelum berkunjung. (Shutterstock/Sergey Causalove)
Cari info kebudayaan lokal sebelum berkunjung. (Shutterstock/Sergey Causalove)

Memahami kebudayaan lokal masyarakat setempat adalah poin penting yang perlu kamu punya sebelum solo traveling. Yap, bertingkahlah laiknya warga setempat biar gampang beradaptasi selama liburan.

Nah, kalau kelima hal itu sudah disiapkan, barulah kamu bisa fokus ke hal-hal lanjutan seperti barang bawaan. Gimana, nggak susah kan menyiapkan keperluan solo traveling? Enjoy! (IB03/E03)