Skatepark Terbesar di Indonesia Bakal Dibuka di Ungaran!

Skatepark Terbesar di Indonesia Bakal Dibuka di Ungaran!
Skatepark terbesar di Indonesia di Jateng bakal ada di Ungaran. (Instagram/Folkative)

Skatepark terbesar se-Indonesia bakal buka di Ungaran, Jawa Tengah. Kabarnya, soft-opening skatepark ini tinggal menunggu waktu saja, lo.

Inibaru.id – Anak skate di Semarang dan sekitarnya tentu menantikan tempat ini: United Skatepark, sebuah taman bermain papan luncur di Ungaran yang didaku sebagai yang terbesar di Indonesia! Keren nggak tuh?

Dibangun di Jateng Valley, Kawasan Hutan Penggaron, Kabupaten Semarang, tempat tersebut kemungkinan bakal menjadi salah satu fasilitas yang akan menarik perhatian banyak orang, khususnya anak muda, 

Sebelumnya, penampakan calon skatepark ini sudah viral di media sosial setelah diunggah akun Instagram Komisi Indonesia Skateboard (KIS). Pada unggahan tersebut, KIS menuliskan bahwa area itu bakal berdiri di atas lahan ratusan hektare.

Tempat ini total keseluruhan 300 hektare, akan menjadi resort terbesar mempunyai area skatepark,” tulis akun tersebut.

Sudah 95 Persen

Ilustrasi: Para skateboarder bermain di skatepark. (YouTube/Bring Back)
Ilustrasi: Para skateboarder bermain di skatepark. (YouTube/Bring Back)

Rencananya, United Skatepark bakal memiliki dua area, yakni kids pump-track dan big pump-track. Kids pump-track diperuntukkan bagi anak-anak bermain push bike atau sepeda tanpa pedal. Sementara, big pump-track bisa dipakai untuk BMX, mountain mike (MTB), dan skate board.

Andre Palmer dari Komunitas XBC mengungkapkan, sejauh ini pembangunan skate park yang tercipta berkat kerja sama United Bike dengan Jateng Valley itu diperkirakan sudah mencapai 95 persen. Pembangunan ini, lanjutnya, baru tahap pertama.

"Ke depan bakal dibangun United Bike Park yang terdiri atas sejumlah jalur sepeda gunung dengan luas enam hektare," ungkap Andre belum lama ini.

Dengan luas keseluruhan Jateng Valley yang mencapai 380 hektare, Andre memaparkan, nantinya lokawisata ini bakal bisa dipakai untuk kebutuhan olah raga on road maupun off road. Jadi, punya sepeda, skate board, atau sepatu roda jenis apa pun, kamu bisa main di sini.

Andre juga memastikan bahwa skate park ini berstandar internasional. Wahana ini juga memiliki street course yang dilengkapi rintangan yang menantang. Ada juga desain bowl berukuran besar yang bagian dasar terdalamnya mencapai tiga meter. Selain itu, ada juga moon surface yang diklaim bakal jadi yang pertama di Asia Tenggara.

“Skater bisa mulai dari street area, lalu meluncur ke arah moon surface, lanjut masuk ke dalam bowl atau ke pumptrack dan kembali lagi ke street area,” janji Andre.

Wah, wah, lengkap banget ya, Millens! Menarik ditunggu, bukan? (Kom, Sol/IB09/E03)