Mau Keliling Mancanegara dengan Mobil Pribadi? Siapkan Semua Hal Ini!

Selain menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa traveling ke luar negeri menggunakan mobil pribadi. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membawa mobil pribadimu berpergian ke luar negeri.

Mau Keliling Mancanegara dengan Mobil Pribadi? Siapkan Semua Hal Ini!
Traveling dengan Mobil (pixabay.com)

Inibaru.id – Kisah sepasang suami-istri Teddy dan Yana yang tahun lalu berkeliling dunia dengan mengendarai mobil pribadi agaknya menjadi inspirasi banyak orang untuk melakukan hal serupa. Namun, gampang nggak sih traveling via jalur darat dengan mobil pribadi?

Untuk bepergian ke luar negeri dengan kendaraan sendiri, ada beberapa hal yang sejatinya harus kamu persiapkan dengan matang. Yang pasti, kamu harus mempersiapkan fisik dan uang berlebih ya, Millens. Selain itu, kamu juga harus benar-benar mempersiapkan mobil pribadimu agar selalu dalam kondisi prima.

Mengutip Akupaham.com, ada beberapa hal penting terkait persiapan mobil yang nggak boleh kamu lupakan sebelum traveling ke luar negeri menggunakan mobil pribadi. Apa saja?

Siapkan paspor mobil

CDP Carnet, paspor khusus untuk kendaraan. (naf.no)

Selain kamu, mobilmu juga membutuhkan paspor atau dokumen perizinan penerimaan kendaraan bermotor di suatu negara tertentu. Carnet de Passages en Douane (CDP) adalah nama resminya. Di Indonesia, CDP dikeluarkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan memiliki masa berlaku selama satu tahun. Setiap memasuki perbatasan negara, CDP akan diberi stempel tanda izin masuk.

Berikut ini cara mengurus CDP:

  1. Form permohonan CDP lengkap dan membeli blanko dokumen CPD Carnet.
  2. Paspor, SIM, Kartu Tanda Anggota (KTA) IMI asli dan foto copy.
  3. Faktur pembelian, BPKB, STNK kendaraan asli dan masih berlaku serta foto copy.
  4. Membawa kendaraan yang akan mempergunakan fasilitas CPD. Bawa serta foto kendaraan, foto nomor mesin dan foto nomor rangka, masing-masing ukuran 8X13 cm.
  5. Surat persetujuan pemeriksaan fisik dan blanko dokumen CPD Carnet.

Selain itu, sebaiknya cari tahu juga tentang peraturan berkendara di negara yang akan kamu lewati, karena ada beberapa negara yang memiliki ketentuan tertentu yang berbeda.

Siapkan Roadside Assistance

Roadside Assistance penting saat kendaraanmu bermasalah di tengah jalan. (carprousa.com)

Ini akan sangat kamu butuhkan saat mobil mengalami kendala, misalnya saat meninggalkan kunci mobil di dalam mobil, atau saat aki mobil bermasalah. Roadside Assistance ini dapat membuat kamu lebih tenang di perjalanan, berjaga-jaga saat melewati jalanan yang sepi atau di saat sulit mengharapkan bantuan dari orang lain.

Periksa kondisi fisik kendaraan

Cek kendaraan. (theautoteam.co.uk)

Sebelum berpergian, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan tentang kondisi fisik kendaraan, di antaranya:

  1. Sistem pendingin pada mesin. Ini termasuk radiator, kipas pendingin, belt, termostat, dll.
  2. Ban mobil. Pastikan kondisi ban yang digunakan dan ban cadangan dalam keadaan prima.
  3. Kondisi kemudi dan suspensi. Sebaiknya periksakan kepada mekanik karena ini termasuk sesuatu yang sulit dan bisa menjadi kesalahan fatal jika nggak diperiksa dengan baik.
  4. Oli kendaraan. Selain volume oli mobil pas, jangan lupa juga memastikan kilometer oli mobil. Mengganti oli menjadi pilihan terbaik jika kamu ragu.
  5. AC kendaraan. Tentu kamu akan kesal jika AC mobil bermasalah selama perjalanan, apalagi dalam keadaan udara panas, bukan?

Nah, itu tadi beberapa persiapan sebelum berpetualang dengan mobil pribadi ke luar negeri. Supaya lebih mudah, catat dan persiapkan semua kebutuhan sejak jauh hari. Yuk, yuk, kita road traveling ke luar negeri! (IB05/E03)